28 October 2019, 13:40 WIB

Menarik, Robot Ini Bisa Merawat Tanaman Anda


Bagus Pradana | Weekend

dok.PA
 dok.PA
Timbot

PARA ilmuwan di Inggris berhasil menciptakan green-fingered robot (robot dengan sistem jemari) yang diprogram menangani tugas-tugas hortikultura, seperti memangkas semak atau memetik mawar.

Robot bernama Timbot ini dilengkapi teknologi navigasi dan sensor yang membuatnya berjalan secara otomatis. Selain itu, robot ini disematkan lima kamera beresolusi tinggi yang terhubung dengan Artificial Intelegency (AI) perintis berbasis visi komputer (Pioneering computer vision technology) membantunya merencanakan tugas prioritas yang harus dikerjakan.

Trimbot juga memiliki lengan fleksibel yang didesain layaknya mesin pemotong rumput. Sehingga robot ini dapat memangkas semak belukar atau memetik bunga mawar di kebun.

Para ilmuan telah memasukan kode algoritma untuk mempermudah robot ini memonitor bentuk semak-semak yang harus dipangkas, via teknologi visi komputernya. Bahkan robot ini bisa memangkas tanaman kembali ke asalnya dan hasilnya sangat tepat.

"Membuat robot bekerja di kebun adalah prestasi yang luar biasa besar dalam bidang teknik," kata pakar informatika Bob Fisher seperti dilansir dailymail.

"Melibatkan delapan tim mitra yang membantu pengembangan robot baru ini, teknologi visi komputer 3D pun dapat berhasil dirintis sehingga memungkinkan Trimbot bekerja di luar ruangan dan dalam berbagai macam kondisi lingkungan" lanjutnya.

Prototipe robot yang melibatkan sejumlah ilmuan Universitas Edinburgh ini dapat digunakan merawat tanaman di ruang terbuka hijau, mendukung petani, dan membantu orang dengan masalah mobilitas untuk menekuni hobi berkebun mereka.

Selain dari Universitas Edinberg pengembangan proyek Trimbot ini juga melibatkan peneliti dari Bosch, serta beberapa universitas di Jerman, Belanda dan Swiss. Dengan sponsor pendanaan disediakan program Horizon dari Uni Eropa hingga tahun 2020. (m-3)

Baca juga : Backstreet Boys Bawa Penggemar Bernostalgia

BERITA TERKAIT