28 October 2019, 13:30 WIB

Tim Dayung Indonesia Raih Satu Emas di Kejuaraan Asia


Antara | Olahraga

ANTARA/Nyoman Budhiana
 ANTARA/Nyoman Budhiana
Ilustrasi dayung

INDONESIA meraih satu emas dan satu perunggu pada Kejuaraan Dayung Rowing Asia ke-19 di International Rowing Regatta, Danau Tengeum, Chungju, Korea Selatan, Minggu (27/10) waktu setempat. Informasi itu tertuang dalam keterangan pers PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia).

Untuk medali emas diraih lewat nomor ganda putra tanpa kemudi (M2- / coxless pairs), sedangkan medali perunggu didapat melalui nomor ganda putra kelas ringan (LM2X / Lightweight Mens Double Sculls).

Tim ganda putra dayung rowing Indonesia, Ferdy dan Dendry, keluar sebagai pemenang di nomor M2- setelah mencatat waktu 6 menit 48.17 detik. Untuk medali perak diraih wakil Uzbekistan dan perunggunya disabet Hong Kong.

Sementara itu, medali perunggu nomor LM2X diraih pasangan Mahendrayanto dan Ihram dengan catatan waktu 6 menit 47,32 detik. Untuk emasnya diraih tim Hong Kong, sedangkan medali perak direbut tim India.

Baca juga: Atherton Pecahkan Rekor Dunia Renang 100 Meter Gaya Punggung

Wakil Ketua Umum PB-PODSI Budiman Setiawan mengatakan, pihaknya tidak membebani para atletnya dengan target tertentu di Kejuaraan Asia. Jadi, pencapaian menyabet emas dan perunggu itu sudah lebih dari cukup.

"Dalam Kejuaraan Asia 2019 ini, tim Pelatnas PODSI hanya mengikuti 6 nomor yang dilombakan dalam SEA Games Filipina.Karena tidak punya cukup dana, maka tujuannya hanya untuk melihat peta kekuatan dayung rowing di Asia Tenggara saja," kata Budiman.

Enam nomor yang diikuti tim dayung Indonesia adalah kelas ringan tunggal putera (LM1X), kelas ringan ganda putera (LM2X), ganda putera tanpa kemudi (M2-), kelas ringan tunggal puteri (LW1X), kelas ringan ganda puteri (LW2X) dan ganda puteri tanpa kemudi (W2-).

Selama ini, cabang olahraga dayung menjadi salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali di ajang multievent. Buktinya, skuat Merah Putih bisa meraih 1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu di Asian Games 2018. (OL-2)

BERITA TERKAIT