28 October 2019, 11:09 WIB

Kebakaran Meluas, Keadaan Darurat Dinyatakan di Seluruh Californi


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

AFP/Philip Pacheco
 AFP/Philip Pacheco
Petugas pemadam kebakaran berjuang mamadamkan api di sebuah kaki but di Windsor, California, AS. 

GUBERNUR California Gavin Newsom telah menyatakan keadaan darurat di seluruh negara bagian tersebut saat kebakaran hutan, yang ditimbulkan oleh angin kencang, terus menyapu, dan menghancurkan daerah itu.

Sekitar 180 ribu orang di bagian utara California, Amerika Serikat (AS), telah diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka dan jalan-jalan di sekitar Santa Rosa dipenuhi dengan mobil ketika orang berusaha melarikan diri.

Puluhan ribu rumah berada di bawah ancaman kebakaran hutan. Pemutusan aliran listrik terbesar dalam sejarah negara bagian itu telah menyebabkan satu juta orang hidup tanpa listrik. Perusahaan listrik sedang mencoba untuk memotong kabel yang rusak untuk mencegah kebakaran baru.

Jutaan orang lagi diperkirakan akan kehilangan persediaan mereka dalam beberapa jam mendatang. Perintah evakuasi meliputi area besar di Sonoma County, termasuk Santa Rosa. Sonoma telah dirusak oleh Kincade Fire, yang telah membakar setidaknya 30 ribu acre atau 12 ribu hektare tanah.

Kekhawatiran tentang luasnya kebakaran hutan menyebabkan Pacific Gas & Electric (PG&E) memulai mematikan daya yang diperkirakan akan menjadi yang terbesar dalam sejarah negara.

PG&E mengatakan pemadaman listrik akan memengaruhi 940 ribu rumah tangga dan bisnis di 36 county di California utara--yang memengaruhi sekitar dua juta orang.

"Kami telah mulai menerapkan pemadaman listrik untuk keselamatan publik," kata seorang pejabat PG&E yang dikonfirmasi dalam konferensi pers pada Sabtu (26/10) malam waktu setempat.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan badai angin yang kuat diperkirakan akan menciptakan kondisi cuaca yang mendorong kebakaran yang berpotensi bersejarah di wilayah tersebut.

Pada Minggu (27/10) pagi, hembusan angin telah mencapai 90 mph (144km per jam) di perbukitan utara Santa Rosa dan mencapai 50 mph melintasi Teluk Timur San Francisco, kata badan peramal cuaca.

Ramalan memperkirakan angin kencang akan berlanjut hingga Senin (28/10) pagi.

Dinas Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan ‘bendera merah’ untuk daerah-daerah di sekitar Kincade Fire. Peringatan ‘bendera merah’ menginformasikan layanan pemadam kebakaran bahwa kondisinya ideal untuk kebakaran hutan. (BBC/Hym/OL-09)

BERITA TERKAIT