28 October 2019, 10:35 WIB

Muhadjir Ingatkan Pentingnya Peran Pemuda


Yanti Nainggolan | Humaniora

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Menko PMK Muhadjir Effendy

MENTERI Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy mengingatkan pentingnya peran para pemuda dalam kemerdekaan Indonesia. Ia berharap Kemenko PMK dapat terus mengembangkan dunia kepemudaan.

"Kita harus berterima kasih kepada para pemuda dengan ide cemerlang dan keberanian mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga pemuda menjadi pelopor bangsa menuju kemerdekaan," kata Muhadjir dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di kantor Kemenko PMK, Senin (28/10).

Ia melanjutkan, 91 tahun lalu, berkat kumpulan para pemuda dari berbagai elemen, terciptalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasar pada UUD 1945 dan Pancasila. Hal itu masih terwujud hingga saat ini, tambah dia.

"Lahirnya kehendak proklamasi kemerdekaan, peran pemuda tidak kalah penting," tegas dia.

Baca juga: Puan Nilai Muhadjir Sosok Tepat Pimpin Menko PMK

Ia juga mengingatkan bagaimana proklamator Soekarno dan Muhammad Hatta yang bersedia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 karena desakan para pemuda.

Oleh karena itu, ia kembali mengingatkan untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) agar terus bermanfaat bagi bangsa.

"Tugas kita mengembangkan dunia kepemudaan, saya mohon dihayati," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan bahwa tugas Kemenko PMK ke depannya akan lebih berat. Pasalnya, Presiden Joko Widodo akan lebih berfokus pada SDM di periode kedua kepemimpinannya.

"Yang jadi taruhan adalah Kemenko PMK. Apalagi membawahi kementerian dan lembaga yang lebih besar dibanding kemenko lainnya," tukas dia. (OL-2)

BERITA TERKAIT