28 October 2019, 08:45 WIB

Kebakaran Meluas, Gubernur California Nyatakan Kondisi Darurat


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/ Josh Edelson
 AFP/ Josh Edelson
Api melahap sebuah rumah dalam kebakaran Kincade di California, Amerika Serikat

GUBERNUR California Gavin Newsom meyatakan kondisi darurat di seluruh wilayah negara bagian Amerika Serikat (AS) itu, Minggu (27/10), saat kebakaran besar memaksa evakuasi dan pemadaman listrik.

Kebakaran yang diberi nama Kebakaran Kincade, di utara San Francisco menyebar hingga area seluas 12 ribu hektare dalam tempo semalam dengan hanya 10% berhasil diatasi pada Minggu (27/10) sore.

Kebakaran, yang terbesar di antara kebakaran lain di negara bagian itu, telah menghancurkan puluhan rumah dan produsen wine termasuk Soda Rock Winery yang dibangun pada 1869.

"Kita telah melihat berita dan kita sangat terpukul," ujar pemilik winery itu di Facebook sembari memastikan seuruh pekerjanya selamat.

Baca juga: Kebakaran Hutan, 50 Ribu Warga California Dievakuasi

Kebakaran Kincade, terparah di California pada tahun ini, dimulai pada Rabu (23/10) dan menyebar dengan cepat berkat angin kencang dengan kecepatan 145 kilometer per jam.

Newsom memberlakukan status darurat pada Minggu (27/10) karena angin kencang bisa membuat api semakin menyebar.

"Kami menerjukan semua sumber daya yang ada dan bekerja sama dengan berbagai badan dalam menangapi kebakaran-kebakaran ini," ujar Newsom. "Sangat penting agar semua orang yang berada di zona evakuasi untuk menuruti peringatan petugas."

Sekitar 180 ribu orang telah diperintahkan mengungsi.

"Ini adalah evakuasi terbesar yang bisa saya ingat. Tetap saling menjaga," cicit Sheriff Sonoma County. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT