28 October 2019, 06:04 WIB

Drama VAR Warnai Kemenangan MU Atas Norwich


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP/Adrian DENNIS
 AFP/Adrian DENNIS
Para pemain Manchester United merayakan gol Anthony Martial ke gawang Norwich

DRAMA Video Assistant Referee (VAR) mewarnai kemenangan Manchester United atas Norwich City pada laga lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (27/10) malam WIB.

Bertandang ke Carrow Road, markas Norwich, Manchester United berhasil pulang dengan tiga poin usai menekuk tuan rumah 3-1.

Gol pertama Setan Merah dicetak Scott McTominay pada menit ke-21 memanfaatkan kelengahan pemain Norwich City di dalam kotak penalti. Gol tersebut merupakan gol ke-2.000 Manchester United di era Liga Primer Inggris.

Pada menit ke-26, wasit Stuart Attwell menunjuk titik putih setelah Daniel James dilanggar di kotak penalti. Butuh waktu hingga tiga menit bagi wasit untuk mengecek VAR sebelum memutuskan memberikan hadiah penalti.

Marcus Rashford yang bertugas menjadi algojo gagal menjalankan tugasnya. Sepakannya dengan mudah diantisipasi kiper Tim Krul.

Baca juga: Pembuktian Pulisic di Turf Moor

Namun, pada menit ke-30, Rashord membalas kesalahannya dengan mencetak gol kedua Setan Merah.

Mendapatkan umpan matang dari James, Rashford yang tinggal berhadapan dengan Krul dengan dingin menceploskan bola ke gawang.

Pada menit ke-42, drama VAR kembali terulang. Sepakan Fred mengenai lengan Cantwell. Awalnya wasit menunjuk sepak pojok. Namun, setelah mendapat laporan dari wasit VAR, wasit mengubah keputusannya. Melalui tayangan ulang jelas bola mengenai lengan Cantwell. Wasit pun tidak ragu menunjuk titik putih.

Kali ini, Anthony Martial yang didapuk menjadi algojo menggantikan Rashford yang sebelumnya gagal. Namun, hasilnya tetap sama. Sepakan Martial berhasil dihalau Krul. Ini menjadi kegagalan keempat pemain Manchester United dari enam percobaan dalam mengeksekusi penalti musim ini.

Martial kemudian menebus kesalahannya pada menit ke-73. Ia berhasil mencetak gol melalui sontekan pelan yang melewati Krul.

Unggul 3-0 membuat pemain Manchester United bermain nyaman. Hal itu dimanfaatkan pemain Norwich untuk mencetak gol. Pada menit ke-88, berawal dari blunder McTominay, Onel Hernandez berhasil mencuri bola dan melepaskan sepakan yang memperdaya David De Gea.

Skor 3-1 bertahan hingga laga usai. Tiga poin yang krusial bagi Manchester United dan melanjutkan tren positif usai menahan imbang Liverpool pekan lalu.

"Ini merupakan pekan yang baik bagi kami. Itu dimulai dengan penampilan yang baik melawan Liverpool dan dua kemenangan tandang setelahnya. Hasil ini meningkatkan kepercayaan diri para pemain," ungkap pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer usai pertandingan.

Kemengan itu membuat Manchester United merangkak ke posisi 7 klasemen sementara dengan 13 poin.

Sementara itu, Norwich City semakin terpuruk di peringkat 19 klasemen dengan 7 poin, unggul 2 poin dari penghuni dasar klasemen Watford. (OL-2)

BERITA TERKAIT