27 October 2019, 05:40 WIB

Jonatan ke Final, Anthony Tersingkir


(Ykb/BadmintonIndonesia/R-3) | Olahraga

DOK PBSI
 DOK PBSI
 Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie

PEMAIN tunggal putra Indonesia Jonatan Christie secara dramatis berhasil memasuki babak final Prancis Terbuka 2019. Dalam laga semifinal, kemarin, Jonatan menang dengan tiga gim yang ber-akhir dengan skor 7-21, 22-20, dan 21-19 dari Victor Alexen, pemain Denmark.

Final di Prancis akan menjadi yang keempat bagi Jonatan pada tahun ini. Juara Asian Games 2018 itu juga pernah memasuki partai puncak saat tampil di Jepang Terbuka, Australia Terbuka, dan Selandia Baru Terbuka. Dari tiga final itu, Jonatan dua kali menang. Dia kalah ketika tampil di Jepang dan dikalahkan pemain tuan rumah Kento Momota.

Sayangnya, Jonatan di babak final hari ini tidak bisa bertemu rekan senegaranya, yakni Anthony Sinisuka Ginting yang gagal lolos dari babak empat besar. Anthony tersingkir karena kalah 19-21 dan 18-21 dari andalan Tiongkok, Chen Long.

Meski kalah, Anthony mengaku puas dengan performanya di Prancis karena yang dia dapat lebih baik jika dibandingkan dengan Denmark Terbuka 2019.

Anthony juga senang karena bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. "Dari babak pertama saya bisa maksimal. Namun, penampilan hari ini (kemarin) tidak sebaik hari sebelumnya," kata Anthony.

Selain Jonatan, Indonesia juga berpeluang meraih gelar juara di nomor ganda putra karena Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo merebut tiket masuk babak final.

Ganda putra terbaik dunia itu sukses menginjakkan kaki di babak terakhir Prancis Terbuka setelah mengalahkan wakil Taiwan Liao Min Chun/Su Ching Heng dengan skor 21-18 dan 23-21.

"Hari ini (kemarin) lawan bermain bagus. Mereka tidak banyak melakukan kesalahan. Jadi cukup susah buat kami untuk memenangi pertandingan. Di poin-poin akhir bisa dibilang kami cukup beruntung. Ini ialah berkat Tuhan juga," kata Marcus.

Indonesia masih berpeluang untuk menempatkan wakil lain di babak final karena juga memiliki Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang juga masuk semifinal di nomor ganda campuran. Mereka masih menunggu giliran bertan-ding dengan wakil Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock. (Ykb/BadmintonIndonesia/R-3)

BERITA TERKAIT