27 October 2019, 05:20 WIB

Antisipasi Bangkitnya Lilywhites


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

(Photo by Ben STANSALL / AFP)
 (Photo by Ben STANSALL / AFP)
Para pemain Tottenham Hotspur berpose untuk foto keluarga sebelum pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions UEFA 

LIVERPOOL akan menghadapi laga berat pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-10 dengan menghadapi Tottenham Hotspur di Stadion Anfield, hari ini. Pasalnya, Spurs kini mengindikasikan tanda-tanda kemungkinan untuk bangkit di tengah menurunnya performa di awal liga.

Skuad asuhan Mauricio Pochettino itu seakan kembali menemukan ritme dan momentum setelah di partai sebelumnya menang telak 5-1 atas tamunya Red Star Belgrade pada lanjutan pertandingan Grup B Liga Champions, Rabu (23/10).

Kemenangan tersebut merupa-kan yang pertama bagi the Lilywhites sejak mengalahkan Southampton di liga pada akhir September. Ini juga jadi kemenangan kedua Spurs dalam delapan laga terakhir.

Striker andalan Tottenham, Har-ry Kane, mengaku kemenangan melawan Red Star bisa menjadi momentum untuk mencuri poin di Anfield. "Melawan Liverpool tentu adalah pertandingan yang sulit. Apalagi mereka telah memulai awal musim dengan fantastis. Tapi, semoga kami bisa memenangi pertandingan itu," ujar Kane.

Sementara itu, pelatih the Reds, Juergen Klopp, menegaskan timnya memang tidak boleh meremehkan Tottenham yang sedang kehilangan taji di liga. Menurutnya, kekuatan Tottenham bukan hanya dilihat dari kemenangan telak atas Red Star saja. Lebih dari itu, Spurs memperlihatkan performa skuadnya yang kembali piawai. Pemain seperti Son Heung-min, Bamidele Alli, dan Kane dinilainya seakan kembali menemukan ritme permainan terbaik.

Klopp juga mengaku mengantisipasi motivasi lebih yang dimiliki Tottenham kala datang ke Anfield, yakni ajang revans kekalahan di final Liga Champions pada Juni kemarin. "Tottenham adalah salah satu tim besar di Liga Inggris. Kami harus menghormati mereka dengan cara menampilkan permainan terbaik melawan mereka," ujar Klopp.

Jika berhasil mengatasi perlawanan Tottenham, Liverpool akan makin mantap di puncak klasemen. Saat ini, the Reds mengoleksi 25 poin dan unggul tiga poin dari peringkat kedua sementara Manchester City. Sementara itu, jika tuan rumah kalah, Tottenham bisa menyalip Crystal Palace yang berada di posisi keenam klasemen dan membuka peluang untuk masuk urutan lima besar.

Menang telak

Selain harus memastikan kemenangan saat menjamu Tottenham, Liverpool juga harus memastikan tidak akan kalah di laga-laga setelahnya. Liverpool kini terancam bisa digusur City yang sukses menang 3-0 atas Aston Villa, kemarin.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Etihad, City dan tim tamu tidak mampu membuat gol di babak pertama. Aston Villa sejak pertandingan dimulai mampu menekan. Namun, tidak terlalu banyak peluang tercipta untuk bisa menjebol gawang City.

Barulah semenit setelah waktu turun minum usai, Raheem Sterling memecah kebuntuan dan membuat City unggul. Papan skor kembali berubah setelah Kevin De Bruyne pada menit ke-65 mencetak gol kedua untuk City. Lima menit setelahnya, Ilkay Gundogan menyumbangkan gol untuk tuan rumah.

Sayangnya, kemenangan the Citizens dinodai Fernando Luiz Roza yang diganjar kartu merah oleh wasit pada menit ke-87. (BBC/R-3)

BERITA TERKAIT