26 October 2019, 22:05 WIB

Dua Bocah Tewas, Satu Kritis Tenggelam di Kolam Renang Cilandak


Antara | Megapolitan

ilustrasi
 ilustrasi
tenggelam

KAPOLRES Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama mengatakan tiga anak laki-laki yang tenggelam di kolam renang sedalam empat meter di Sport Center Usman Harun Cilandak, ketiganya datang tanpa pelatih renang.

"Mereka datang pukul 08.30 WIB bertiga sebagai pengunjung umum tanpa pelatih datang ke kolam renang," kata Bastoni saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Sabtu (26/10) malam.    

Kecelakaan dalam kolam renang diduga tenggelam mengakibatkan dua anak laki-laki tersebut meninggal dunia dan satu lainnya dirawat intensif di ICU RS Marini Cilandak (RSMC) Jakarta Selatan.

Bastoni menjelaskan, peristiwa terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dan baru dilaporkan kepada pukul 15.30 WIB.

Dari keterangan saksi di lapangan, Sigit Puji selaku petugas tiketing kolam renang Cilandak, kronologi kejadian setelah 30 menit ketiganya masuk kolam renang, saksi bernama Yunan seorang penjaga kolam melaporkan adanya orang tenggelam di kolam renang kedalaman empat meter.  

Mendengar kabar tersebut, saksi Sigit langsung berlari mengarah ke tempat kejadian perkara (TKP).


Baca juga: Ini Lima Situ di Bekasi yang akan Dijadikan Tempat Wisata


"Setelah di TKP dan melihat tiga korban tenggelam, langsung dilakukan pertolongan pertama dengan memompa jantung di dada," kata Bastoni.  

Saksi yang berpangkat Serka, lanjut Bastoni, melihat tidak ada respons dari para korban langsung memerintahkan untuk membawa ketiganya dibawa ke UGD RSMC. Ketiga korban dibawa ke UGD sekitar pukul 09.00 WIB, menggunakan kendaraan pikap milik koperasi dan kendaraan pribadi milik pengunjung yang pada saat itu akan jemput anaknya yang berenang di kolam renang umum Cilandak.  

Korban tiba RI UGD RSMC pukul 09.15 WIB langsung mendapatkan penanganan medis oleh dokter jaga bernama dr Arif Eko Wibowo, serta dr Eka Purwanto SpAn (spesialis anastesi).    

"Namun nyawa dua anak tersebut tidak dapat tertolong, meninggal dunia," kata Bastoni.

Dua korban meninggal dunia bernama Iqbal Nugroho beralamat Jalan Gotong Royong, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sementara Abidzar Azzami, 13, meninggal dunia dalam perjalanan dari kolam renang menuju RSMC, tercatat beralamat di Kampung Pekayon, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Sedangkan satu korban lainnya bernama Rasya Khafid Nasrullah, 13, masih dalam penanganan medis di ICU RSMC," kata Bastoni. (OL-1)

BERITA TERKAIT