27 October 2019, 07:05 WIB

Hilangkan Sayu dan Tembam dengan Konturing wajah


Try/M-1 | Weekend

Medcom.id
 Medcom.id
Ilustrasi

TEKNIK konturing wajah sudah jadi pembicaraan sejak jadi andalan bintang tayangan realitas Amerika Serikat, Kim Kardashian. Namun, jika konturing awalnya dikenal lewat riasan, kini teknik tersebut juga menjadi sebut­an untuk tindakan dengan penyuntikan.

Salah satu teknik suntikan untuk menyempurnakan bentuk atau tekstur wajah itu dengan menggunakan obat botoks. Di Indonesia, kini semakin banyak orang yang memilih prosedur tersebut, baik untuk mengatasi penuaan maupun menyempurnakan wajah.

Hal itu dikatakan pula oleh dokter estetika & antiaging Rudy Adiputro. Berbicara acara lokakarya santai bertajuk How Aesthetic Maximise Life Capacity oleh Klinik Insta Beauty, di Breathe Studio, Senopati, Jakarta, Sabtu (19/10), dr Rudy mengungkapkan jika teknik konturing berupa botoks memang memiliki banyak fungsi.

“Sentuhan estetika itu bisa mengontur wajah untuk terlihat lebih proporsional. Namun, tidak mengubah wajah. Sentuhan ini menunjang  tampilan wajah untuk tampak cerah, tidak berkerut, dan berisi di bagian-bagian yang tepat. Itu semua bisa dilakukan dengan treatment, misalnya, botoks,” jelasnya.

Untuk memiliki rasio wajah yang mendekati simetri, menurutnya, area wajah yang perlu disempurnakan ialah dagu, dahi, hidung, garis bibir, dan pipi. Dapat pula prosedur diberikan untuk menghilangkan efek wajah yang terdampak penuaan. Contohnya ialah tampilan wajah lelah ataupun tampilan wajah yang seolah sedih.

Tampilan lelah bisa muncul jika bentuk mata sayu. Cara mengatasinya ialah dengan pemberian filler pada pipi untuk menaikkan tulang pipi.
Sementara itu, pada tampilan wajah sedih (sad face) terjadi karena volume lemak bagian pelipis dan pipi mulai hilang sehingga membuat sudut mata menjadi turun. Selain itu, sad face juga terjadi dengan sudut kontur bibir yang turun dan membuat seseorang terlihat murung.

Pada masalah pipi tembam, kata dia, seseorang bisa mengambil treatment setrika wajah dengan high-intensity focused ultrasound (HIFU). Gelombang ini akan menghasilkan panas dan membakar lemak-lemak di daerah yang disorot dengan alat tersebut. Metode ini cocok bagi mereka yang takut dengan jarum suntik dan takut memasukkan benda asing ke dalam tubuh.

Klinik Insta Beauty menawarkan beragam paket perawatan untuk teknik-teknik tersebut. Paket botoks tersedia mulai dari Rp2 juta untuk area wajah hingga Rp6,5 juta untuk selururh wajah, sedangkan untuk filler diterapkan pada bagian tubuh tertentu, yaitu bibir, hidung, rahang, dagu, dan pipi dikenakan biaya Rp6 juta.

Klinik Insta Beauty terletak di Jalan Senopati No 51 Keba­yoran Baru, Jakarta Selatan, dan di Jalan H Samanhudi No 40, RT 5 RW 3, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, 10710. (Try/M-1)

BERITA TERKAIT