26 October 2019, 20:30 WIB

Sejumlah Menteri Bertemu Bahas 5 Bali Baru


M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

antara
 antara
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, usai pertemuan.

SEJUMLAH menteri melakukan rapat inisiatif untuk membahas soal pembangunan 10 tempat wisata Bali baru di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Sabtu (26/10). Dari 10 Bali baru itu, 5 di antaranya merupakan prioritas utama yang ditargetkan rampung pada akhir 2020.

"Target akan selesai akhir tahun 2020. Dana dari kami ada Rp7,8 triliun, dari Kemenhub ada Rp2,5 triliun, jadi ada sekitar Rp10,1 triliun dari APBN. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata agar segera bisa dirasakan oleh masyarakat," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, usai pertemuan.

5 Bali baru prioritas itu merupakan kawasan Borobudur, Mandalika, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Likupang. Selain menjadi tempat wisata, kelima tempat itu diharapkan juga dapat menjadi ikon baru dan menghidupkan perekonomian di sekitar wilayah tersebut.

Beriringan dengan proses pembangunan dan pengembangan yang dilakukan oleh PUPR, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menyusun strategi soal program dan berbagai kegiatan yang akan dilakukan di 5 Bali baru tersebut.


Baca juga: Siap-Siap, Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik 2 November


"Kita tidak bisa sekedar bikin event menarik saja. Tapi harus bisa melihat budaya lokal dan sebagainya, itu kan perlu waktu untuk dipikrkan. Misal di Mandalika itu apa, kira-kira dua bulan lah kita memikirkan semua itu," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

Wishnu menambahkan, perekonomian kreatif di 5 tempat itu harus dioptimalkan dengan melibatkan warga lokal. Sehingga, warga setempat tidak saja menjadi penonton melainkan ikut terlibat membangun, menciptakan lapangan pekerjaan dan merasakan hasil dari pembangunan tersebut.

Di sisi lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyebutkan, pemerintah akan mengupayakan untuk melibatkan peran swasta dan investor asing.

"Saya rasa untuk beberapa lokasi seperti di Mandalika, Lombok, ya sudah ada investasi dari swasta dan luar negeri. Karena itu kan di Mandalika akan ada event besar, yaitu moto GP," tukas Erick. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT