26 October 2019, 15:44 WIB

DPP PDIP Pastikan Buka Peluang bagi Gibran di Pilkada Solo


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
 MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Gibran Rakabuming Raka dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kediaman Megawati Soekarnoputri di Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

DPP PDIP membuka peluang putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Solo, Jawa Tengah.

"Untuk proses jadi wali kota, kami perlakukan semua sama," cetus Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangannya, Sabtu (26/10).

Sehingga, dia menjelaskan, para bakal calon kepala daerah yang mendaftar ke PDIP harus melalui berbagai tahapan yang ada.

"Para bakal calon kepala daerah yang mendaftar di PDIP harus mengikuti sejumlah tahapan. Tahapnya meliputi berbagai hal dari proses psikotes, wawancara, hingga pemantauan penerimaan masyarakat. Baru setelah proses itu selesai, nanti keputusan akan diambil," imbuhnya.

Gibran pada Senin (23/9) telah menyerahkan formulir keanggotaan di kantor DPC PDIP Kota Surakarta. Namun, dia belum sempat memperoleh formulir untuk menjadi bakal calon wali kota dari PDIP.

Dua spanduk terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Surakarta yang mulai bermunculan. (MI/Widjajadi )

Kedatangan ayah dari Jan Ethes itu berselang dua jam setelah pasangan  Achmad Purnomo-Teguh Prakosa mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota-wakil wali kota kepada Tim Penjaringan PDIP di kantor DPC yang berlokasi di Kampung Brengosan, Kelurahan Banjarsari.

Baca juga: Serius Maju Pilkada, Gibran Ambil KTA PDIP

Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan telah menutup proses penjaringan bakal calon Wali Kota Surakarta di Pilkada 2020. Nama Gibran tak akan dikirimkan ke DPP PDIP untuk dimintakan rekomendasi.

Rudy mengatakan pasangan yang diusung DPC PDIP Surakarta ialah Purnomo-Teguh. Mereka merupakan hasil penjaringan internal partai. (X-15)


 



 

BERITA TERKAIT