27 October 2019, 01:20 WIB

Kehangatan Keluarga dalam Mandu-guk


MI | Weekend

Dok. The Westin Jakarta
 Dok. The Westin Jakarta
Mandu-guk

MENIKMATI bersantap bersama keluarga memberikan kehangatan tersendiri. Seperti makanan khas Korea Selatan bernama Mandu-guk yang diperkenalkan Executive Sous Chef The Westin Jakarta, Denny Boy Gunawan, dalam demo masak Seoul Food beberapa waktu lalu. Chef Denny tidak sendiri, ia didampingi istri diplomat Korea untuk Swedia, Sohn Ho-gyeong, yang kerap berkeliling dunia untuk memperkenalkan resep hidangan rumahan Korea dan temannya, Sohn, seorang ibu rumah tangga Park Yongmi.

Kali ini, Shon memperkenalkan makanan warisan ibunya berupa Mandu-guk. Hidangan ini sebenarnya pangsit yang disajikan dalam sup. Untuk membuat hidangan ini, langkah pertama ialah membuat mandu alias pangsit. 

Pertama, yang dibuat ialah kulitnya menggunakan tepung terigu medium. “Setelah tepung ditaburkan secukupnya, kita tambahkan air dan garam secukupnya. Aduk semua sampai kalis setelah itu dibuat juga dalam porsi kecil-kecil kemudian diratakan dengan penggiling,” tutur Denny, menerjemahkan arahan Shon yang menggunakan bahasa Korea.

Isian Mandu-guk bisa beragam. Seperti daging ayam atau sapi, tahu, bawang bombay dan bawang putih, kimchi kubis, kecap Korea (Guk-Ganjang), bihun, garam, dan merica. 

“Tahu ini nanti kita tambah dengan suwiran ayam yang kita masak tadi. Namun, sebelum menjadi isian, ia juga harus dimasak terlebih dahulu. Diaduk bersama garam dan lada hitam secukupnya, setelah matang kita juga bisa menambahkan daun bawang,” tutur Shon. Dalam isian Mandu-guk, anda bisa menambahkan wijen atau sedikit seasoning oil untuk memperkuat rasa. 

Setelah kulit siap, bungkus isian Mandu-guk seperti pangsit. Jangan lupa memanaskan air untuk merebus pangsit. Proses merebusnya hanya butuh 2-3 menit saja. 

Tahap kedua ialah membuat sup. Setelah mendidihkan air, baru daging sapi atau ayam dan bawang putih dimasukkan ke air tersebut. Setelah matang, pisahkan daging dari bawang putih, dan biarkan api tetap menyala hingga menjadi kaldu. Bila menggunakan ayam, Shon menyarankan tulang ayam dikembalikan ke air rebusan untuk menambah cita rasa sup. 

Ketika mandu dan sup siap, tinggal disatukan. Menariknya, Shon menyajikannya dengan putih telur dan kuning telur goreng yang diiris tipis yang memberikan rasa gurih. (Gas/M-3)

BERITA TERKAIT