26 October 2019, 08:50 WIB

Berebut Dukungan NasDem untuk Kursi Gubernur


Solmi | Nusantara

MI/Surya Sriyanti
 MI/Surya Sriyanti
: Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darlan Adjeh (ketiga dari kiri), Ketua Tim Penjaringan Partai NasDem Kalteng Jawawi.

DELAPAN orang yang akan bertarung dalam pemilihan Gubernur Jambi pada 2020 memperebutkan dukungan Partai NasDem. Mereka sebagian merupakan gubernur, bupati, dan wali kota aktif atau petahana.

Mereka antara lain Gubernur Jambi 2015-2020 yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Provinsi Jambi Fachrori Umar, ada Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Bupati Merangin Al Haris, Bupati Sarolangun Cek Endra, dan Bupati Tanjungjabung Barat Syafrial.

Menurut Sekretaris DPW Partai NasDem Jambi Syaf Boni Syafar, tiga lainnya ialah Bakri (PAN), tokoh muda Jeffri Amas, dan Presiden Himpunan Keluarga Kerinci Indonesia (HKKI) Ramli Taha.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mendaftar langsung ke Kantor DPP Partai NasDem, Rabu (23/10), dan diterima oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai NasDem Effeny Choirie.

Kepada Tim Bapilu DPP NasDem, Fachrori menyatakan kesiapannya untuk maju kembali pada Pilgub Jambi 2020 dengan mengedepankan sinergisitas pusat dan daerah dalam memajukan pembangunan Jambi.

Pesona Partai NasDem sebagai parpol besar menjadi salah satu yang menjadi daya pikat para peminat. Hal itu antara lain diungkapkan Presiden HKKI Ramli Taha dan Bupati Sarolangun Cek Endra.

Di Riau, NasDem juga menjadi incaran para bakal calon bupati dan wali kota dalam pilkada serentak di sembilan daerah di provinsi itu. Di setiap kabupaten dan kota terdapat sedikitnya 7 hingga 15 pasang para bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri ke partai dengan slogan politik tanpa mahar tersebut.

"Perkembangan hingga hari ini, di setiap kabupaten dan kota jumlah bakal calon yang mendaftar rata-rata lebih dari tujuh pasang bahkan ada yang 15 pasang bakal calon," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai NasDem Riau Rusdaryanto.

 

Visi dan misi

Penjaringan bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) 2019-2024 dari Partai NasDem dimulai. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat merupakan orang pertama yang melakukan pemaparan visi-misi kepada Tim Penjaring Partai NasDem Kalteng untuk Pilgub Kalteng 2020.

Pemaparan visi-misi berlangsung tertutup, Kamis (24/10) sore, selama hampir dua jam di Kantor DPW Partai NasDem Kalteng. Kepada wartawan Ben mengatakan memilih Partai NasDem karena parpol itu tidak mengenal istilah uang mahar. Ia optimistis NasDem bisa membawanya kembali menuju pilgub.

Penyampaian visi dan misi juga disampaikan puluhan bakal calon bupati dan wakil bupati dari sembilan kebupaten yang menggelar Pilkada serentak 2020 di Nusa Tenggara Timur.

Di Sumatra Utara, bakal calon wali kota Pematangsiantar Alpeda Sinaga menyerahkan berkas formulir ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Pematangsiantar. Demikian halnya dengan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang merupakan kader PDIP menyerahkan formulir pendaftaran sebagai bakal calon wali kota ke NasDem Medan. (RK/SS/PO/RS/AP/PS/RF/MC/YP/N-1)

BERITA TERKAIT