26 October 2019, 08:20 WIB

Jokowi akan Menikmati Senja Kaimana


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

Dok. Pemprov. Papua Barat
 Dok. Pemprov. Papua Barat
Suasana senja di Kaimana, Papua Barat. Rencananya Presiden Joko Widodo akan menikmati keindahan senja Kaimana pada Minggu (27/10). 

PRESIDEN Joko Widodo akan menikmati senja Kaimana, Minggu (27/10). Sesuai jadwal, pesawat Kepresidenan akan lepas landas dari Pangkalan Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (26/10) sekitar pukul 16.00 WIB menuju Bandara Dominie Edward Osok, Sorong, Papua Barat.    

"Pak Presiden akan bermalam di Sorong. Paginya melanjutkan perjalanan ke Manokwari untuk berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak," jelas Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani di Manokwari, kemarin.

Rombongan Presiden menuju Pegunungan Arfak menggunakan helikopter TNI-AU. "Di sana sekitar 45 menit lalu kembali ke Manokwari dan langsung terbang ke Kaimana. Jadi, Minggu sore, Pak Presiden sudah di Kaimana untuk menikmati suasana senja di sana," ucap Lakotani.

Secara geografis, Kaimana terletak tepat di leher burung Pulau Papua yang menyerupai burung cendrawasih. Daerah itu dikenal luas lewat tembang kenangan yang dipopulerkan oleh penyanyi lawas Alfian berjudul Senja di Kaimana, sebuah lagu era 1960-an yang mendeskripsikan betapa indahnya pemandangan senja di Kaimana.

"Kan kuingat slalu, kan kukenang slalu, senja indah, senja di Kaimana..." Begitulah penggalan syair lagu yang turut dipopulerkan oleh Broery Pesulima dan Tetty Kadi itu.

Bagi orang Kaimana, senja ialah penanda pergantian siang menuju malam dengan pendar warna jingga sempurna yang memenuhi bentang dan ujung langit di ufuk barat. Langit penuh dengan warna jingga dengan sisa matahari di batas cakrawala.

Presiden Soekarno secara khusus mengutus Alfian untuk mengunjungi Kaimana pada 1963 dan mengabadikannya dalam sebuah lagu cinta karena dengan cinta diyakini dapat merangkul warga Kaimana dan Papua pada umumnya merasa menjadi bagian dari Indonesia.

Setelah selesai kunjungan ke Kaimana, Senin (28/10), Jokowi akan menuju Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. "Cukup padat, kita bersyukur memulai kepemimpinan periode kedua ini beliau mengawali kunjungan di Papua Barat dan Papua," ujar Lakotani. (Cahya Mulyana/Ant/P-3)

BERITA TERKAIT