26 October 2019, 06:00 WIB

PUPR Raih Penghargaan Bidang Medsos Anugerah Media Humas


Rendy Ferdiansyah | Ekonomi

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
Kementerian PUPR saat menerima penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) 2019, Jumat (25/10).

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil menjadi yang terbaik dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2019 ke-14 kategori media sosial (medsos).

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengatakan, AMH merupakan penilaian bersama untuk memilih yang terbaik berdasarkan penilaian dewan juri yang kompeten.

"Semuanya kita percaya bagus, tapi yang menang ini nilainya terbaik. Perlu kita apresiasi semuanya. Baik dari kementerian/lembaga, pemerintah provinsi BUMN/BUMD, pemerintah kabupaten/kota, atau perguruan tinggi negeri," kata Widodo di malam Anugerah Media Humas (AMH) 2019 di Hotel Novotel Bangka Tengah (Bateng), Jumat (25/10) malam.

Menurutnya, pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi bersama. Ia menekankan humas merupakan profesi strategis dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Ia menyebutkan sejumlah penerima penghargaan yakni dari kategori penerbitan media internal, siaran pers atau pemberitaan, kategori media sosial, website, dan in house magazine  daerah.

Untuk kategori medsos, Kementerian PUPR berhasil menjadi yang terbaik mengalahkan dua nominasi dari lain, yakni Bank Indonesia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh dewan juri media sosial Wicaksono.
 
Wicaksono mengatakan, dari tahun ke tahun peserta menunjukkan kualitas dan kerja yang semakin baik, ia mengaku untuk penilaian tahun ini ada perubahan di mana jumlah follower telah diganti.

"Satu unsur penilaian tahun ini berubah, jumlah follower diganti karena sekarang bisa dibeli. Kami berikan apresiasi pemenang kategori medsos kepada Kementerian PUPR," urai Wicaksono.

Baca juga: Penempatan Menteri Kurang Tepat Bisa Hambat Ekonomi

Kasubag Pengelolaan Materi Informasi Kementerian PUPR Warjono mengatakan, penghargaan ini memacu Kementerian PUPR untuk lebih giat menyebar informasi kepada masyarakat dalam era digital saat ini.

Sebab, menurut dia, medsos memiliki sejumlah keunggulan dalam menyampaikan informasi, seperti kecepatan dan biayanya juga murah.

Apalagi infrastruktur PUPR cukup luas seluruh Indonesia sehingga perlu menyampaikan informasi berbagai media terutama medsos.

"Era milenial ini orang lebih banyak menggunakan gawai sehingga semua informasi sudah ada di situ. Kita mengelola semua platform medsos seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter. Kita telah mengelola medsos ini kurang lebih dari 2011," kata Warjono. (X-15)
 

BERITA TERKAIT