26 October 2019, 03:20 WIB

Antusias Benahi Stadion Piala Dunia


(DW/WJ/FL/R-2) | Sepak Bola

 (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
  (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang merupakan satu dari sepuluh stadion yang diusulkan PSSI sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 

KEPUTUSAN Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021, mendapat sambutan antusias beberapa kepala daerah untuk melakukan pembenahan stadion serta sarana penunjang lain.

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memastikan kesiapannya untuk menjadikan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) sebagai tempat bertanding perhelatan tersebut. Hal yang sama juga diungkapkan Pemerintah Kota Surakarta untuk membangun sarana pendukung di Stadion Manahan, serta Pemerintah Kota Surabaya memoles Stadion Gelora Bung Tomo.

Selain tiga stadion itu, PSSI telah mengajukan tujuh lapangan terbaik di Tanah Air untuk menggelar perhelatan akbar dua tahunan itu. Stadion itu, yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Patriot (Bekasi), Mandala Krida (Yogyakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), dan I Wayan Dipta (Bali).

"Kitakan masih ada perlombaan lagi antara 10 stadion lainnya. Tapi yang jelas apa pun yang diminta akan kami sanggupi," tegas Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, kemarin. Gubernur menginginkan Stadion GSJ menjadi tempat laga-laga bergengsi.

Pihak pengelola PT Jakabaring Sport City, Meina Fatriani Paloh menambahkan, Jakabaring disebut paling lengkap dan siap sebab seluruh fasilitas pendukung ada dan saling terintegrasi.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, kemarin, menyatakan Stadion Manahan sudah 100% siap digunakan. "Kita sudah bekerja keras merenovasi stadion kebanggan wong Solo ini agar bisa sesuai dengan standar FIFA," papar wali kota berkumis tebal itu kepada Media Indonesia.

Telah disiapkan pula lima lapangan untuk latihan, yakni Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Sumber, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Sriwaru.

Di Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini, kemarin, mengatakan bakal memoles Stadion Gelora Bung Tomo menjadi venue utama. "Saya siapkan semuanya, misalkan fiber optik di Gelora Bung Tomo, beberapa lapangan pendukung yang setengah jam tak jauh dari lapangan utama, maupun tempat penginapan. Insya Allah akan kita siapkan," jelasnya.

Mengenai kursi single seat, menurut Risma, awal tahun akan dilakukan lelang sehingga diharapkan saat evaluasi nanti sudah siap semua. Demikian pula kesiapan lapangan latihan sesuai yang ditetapkan FIFA. Lapangan tempat latihan yang disiapkan dan bakal dibenahi, yakni Gelora 10 November, Lapangan Karanggayam, Lakarsantri, dan Sambikerep. (DW/WJ/FL/R-2)

BERITA TERKAIT