25 October 2019, 22:00 WIB

Kebakaran Hutan, 50 Ribu Warga California Dievakuasi


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

AFP
 AFP
Kebakaran Hutan, 50 Ribu Warga California Dievakuasi

SEKITAR 50 ribu orang diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka di utara Los Angeles, Kamis (24/10) waktu setempat, ketika api yang bergerak cepat didorong angin kencang meletus dan mengamuk di luar kendali.

Kebakaran yang dikenal sebagai Tick Fire di dekat Santa Clarita, sekitar 40 mil (65 kilometer) utara Los Angeles, pecah pada sore hari dan api dengan cepat melalap 2.023 hektare, kata pejabat kebakaran.

Api membakar beberapa rumah dan bangunan, serta memaksa penutupan jalan raya utama dan sejumlah jalan, saat sekitar 500 petugas pemadam kebakaran yang didukung tanker udara dan helikopter berjuang memadamkan api.

Tidak ada laporan cedera yang dilaporkan hingga berita ini ditulis.

"Kami mendesak semua orang untuk mengungsi pada saat ini," kata juru bicara departemen pemadam kebakaran.

Api meletus ketika sebagian besar negara bagian itu berada di bawah bendera peringatan merah karena angin kencang, suhu tinggi, dan kelembapan rendah yang membuat kondisi sempurna untuk terjadinya kebakaran hutan.

Di California Utara, sekitar 2.000 orang diperintahkan untuk mengungsi setelah kebakaran semak-semak meletus Rabu malam, dengan cepat meluas dari kobaran api beberapa ratus hektare menjadi hutan seluas 16.000 hektare, kata petugas pemadam kebakaran California.

 

Menangkal api

Sekitar 500 responden berjibaku menangkal api yang diperparah angin kencang dengan kecepatan 70 mil per jam (113 kilometer per jam).

Perintah evakuasi wajib dikeluarkan untuk komunitas Geyserville dan kebun-kebun anggur terdekat setelah kebakaran dimulai di daerah pegunungan dan dengan cepat menyebar, melintasi jalan raya dan bergerak menuju rumah-rumah.

"Jika Anda berada di Geyserville, pergi sekarang," saran Kantor Sheriff Sonoma County, mengutip ancaman luar biasa terhadap nyawa dan properti.

Angin dari utara memicu kebakaran ketika petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menyelamatkan rumah-rumah warga.

Pemasok listrik Southern California, Edison, telah memutus aliran listrik bagi ribuan pelanggannya.

Aliran listrik diputus untuk sekitar 180 ribu pelanggan di bagian utara negara bagian itu pada Kamis dan langkah pencegahan serupa memengaruhi ribuan pelanggan lebih jauh ke selatan karena kondisi rentan kebakaran hutan.

Perusahaan listrik memperingatkan pemadaman listrik tambahan dapat diberlakukan untuk mengurangi risiko kebakaran yang tidak disengaja.

Angin kencang di utara diperkirakan mereda pada Jumat (25/10), tetapi diperkirakan akan naik lagi pada Minggu, Dinas Cuaca Nasional memperingatkan.

Banyak penduduk Geyserville mengatakan mereka hampir tidak punya waktu untuk mengumpulkan barang-barang mereka ketika api besar dengan cepat mendekati kota, dengan bara api membakar di seluruh wilayah.

"Kami pikir kami berada beberapa mil dari api," kata Dwight Monson, 68, kepada Los Angeles Times. "Namun, coba tebak--angin memperparah situasi," ujarnya. (AFP/Hym/I-1)

BERITA TERKAIT