25 October 2019, 18:40 WIB

Banjir Terjang Enam Kecamatan di Pulau Simeulue


Antara | Nusantara

 ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.
  ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.
BANJIR AKIBAT INTENSITAS HUJAN YANG TINGGI DI ACEH

RATUSAN unit rumah warga yang tersebar di enam kecamatan di kawasan Kepulauan Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar satu meter akibat guyuran hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.  

Adapun enam kecamatan yang diterjang banjir tersebut ialah Kecamatan Teupah Barat, Kecamatan Simeulue Tengah, Kecamatan Simeulue Cut, Kecamatan Teupah Tengah, Kecamatan Teupah Selatan, serta Kecamatan Teluk Dalam.  

"Ada ratusan rumah warga yang terdampak akibat banjir," kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Simeulue, Aceh, Dodi Juliardi Bas, Jumat (25/10) sore, yang dihubungi dari Meulaboh, Aceh Barat.

Meski ketinggian air di beberapa lokasi mencapai sekitar satu meter, masyarakat di daerah ini belum mengungsi dan masih bertahan di rumah masing-masing sambil menunggu air surut.


Baca juga: Angin Kencang Robohkan Atap Sekolah, Siswa Pindah ke Madrasah


Tidak hanya itu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue bersama pihak kecamatan TNI, Polri dan Tim SAR masih melakukan pendataan di beberapa desa yang terdampak banjir.

Pemerintah daerah juga masih berupaya menyalurkan logistik masa panik kepada masyarakat yang terdampak banjir, sehingga penanganan terhadap masyarakat dapat segera dilakukan.  

"Untuk sementara estimasi kerusakan dan kerugian akibat musibah banjir di Pulau Simeulue masih dalam estimasi (dihitung)," kata Dodi. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT