25 October 2019, 10:32 WIB

Dari 12 Calon Wakil Menteri, Lima dari Parpol


Damar Iradat | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Calon Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju Zainut Tauhid

SEBANYAK 12 calon wakil menteri telah merapat ke Istana Kepresidenan. Dari 12 calon wakil menteri itu, lima di antara mereka berasal dari partai politik.

Calon wakil menteri dari partai politik itu di antaranya; Zainut Tauhid dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia telah malang melintang di DPR.

Tercatat, ia pernah menjadi anggota dewan pada periode 1997-1999, 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019. Selain itu, Zainut juga merupakan Wakil Ketua MUI.

Zainut juga sempat menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) periode 1988-1996. Ia disinyalir bakal menduduki jabatan wakil menteri agama.

Selain Zainut, calon wakil menteri dari kalangan politik yakni Angela Tanoesoedibjo. Ia merupakan putri dari Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo.

Angela dikenal publik sebagai pengusaha di bidang media. Ia merupakan Komisaris Media Nusantara Citra (MNC) dan Direktur Utama RCTI dan GTV, perusahaan milik ayahnya.

Baca juga: Calon Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Berdatangan ke Istana

Ia disinyalir bakal menduduki posisi wakil menteri komunikasi dan informatika. Ia juga satu-satunya wakil menteri perempuan yang datang ke Istana Kepresidenan pagi tadi.

Kemudian, ada pula mantan Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo. Ia merupakan politikus PDI Perjuangan dan sempat maju pada Pilkada Gubernur Papua 2018.

Selanjutnya, Politikus PSI Surya Tjandra juga tampak hadir di Istana Kepresidenan. Ia sempat maju sebagai calon legislatif di daerah pemilihan Jawa Timur 5 atau wilayah Malang Raya pada Pileg 2019 kemarin.

Sementara itu, calon wakil menteri dari kalangan parpol yang terakhir hadir yakni Jerry Sambuaga. Ia merupakan putra dari Politikus senior Partai Golkar Theo L Sambuaga.

Jerry sempat duduk di Komisi I DPR periode 2014-2019. Pada 2016, Jerry mendapatkan gelar Doktor dari Ilmu Politik dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia.

Sementara itu, tujuh calon wakil menteri lainnya berasal dari kalangan profesional dan mantan relawan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 kemarin.

Dari kalangan profesional yakni ada Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar, pejabat Badan Restorasi Gambut Alue Dohong, serta Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara.

Sedangkan, dari relawan Jokowi yakni ada nama Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi. Budi dikenal pernah menjadi aktivis dalam gerakan reformasi 1998.

Kemudian, ada nama Sakti Wahyu Trenggono yang dikenal sebagai salah satu aktor di balik kemenangan Jokowi dalam dua Pilpres. Sakti juga diketahui merupakan bos PT Tower Bersama Infrastructure dan Teknologi Riset Global Investama. (OL-2)

BERITA TERKAIT