25 October 2019, 09:40 WIB

AKD Rampung, DPR Efektif Bekerja Pekan Depan


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Sekretaris F-PPP DPR Achmad Baidowi.

SEJUMLAH fraksi partai politik yang ada di DPR RI telah menunjuk nama-nama yang duduk di kursi pimpinan dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Partai peraih kursi nomor 3 terbanyak di parlemen misalnya, yaitu Partai NasDem, menunjuk Sugeng Suprawoto sebagai Ketua di Komisi 7. Selain itu NasDem juga telah menunjuk Felly Runtuwene untuk mengetuai Komisi 9. Berdasarkan kepesakatan, NasDem berhak mendapatkan 2 kursi ketua dan 8 wakil ketua di AKD.

“Penunjukan keduanya karena dinilai kredibel dan sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ungkap Sekretaris Fraksi NasDem Saan Mustopa, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga telah menetapkan nama-nama pimpinan yang diminta. Dalam keanggotaan DPR periode 2019-2024, PPP mengisi kursi tiga wakil ketua komisi dan satu wakil ketua badan.

“PPP itu kebagian empat di wakil ketua karena, kalau berdasarkan proporsional, PPP itu kebagian satu ketua dan dua wakil. Tapi, PPP rela tidak mengambil posisi ketua, namun ditukar dengan posisi wakil ketua sehingga PPP yang awalnya menempatkan tiga orang bisa menempatkan empat orang kader, tapi di wakil ketua,” kata Sekretaris F-PPP DPR Achmad Baidowi.

Baidowi yang juga akrab disapa Awiek tersebut menjelaskan melalui rapat fraksi, PPP telah menyepakati empat kadernya untuk menempati kursi-kursi pimpinan AKD. Mereka yaitu Amir Uskara di kursi wakil ketua Komisi XI, Arwani Thomafi di Komisi II, Nurhayati di Komisi V, hingga Awiek sendiri di Badan Legislasi.

Baidowi melanjutkan Fraksi PPP akan segera menyerahkan nama-nama tersebut kepada pimpinan DPR. Ia berharap pekan depan DPR sudah bisa bekerja efektif berdasarkan AKD yang telah ditentukan.

Selain PPP, Fraksi PKS juga telah merampungkan pembahasan pimpinan AKD. PKS akan menempatkan kadernya di posisi ­Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) serta tiga wakil ketua komisi dan tiga wakil ketua badan.

“Alhamdulillah sudah. Sudah lengkap kita siapkan,” kata Ketua F-PKS DPR Jazuli Juwaini.

Sementara itu, di Partai Gerindra, fraksi telah menunjuk Fadli Zon sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP). Untuk Ketua Badang Legislatif, Gerindra telah menunjuk Supratman Andi Agtas.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco menyebut nama-nama yang sudah disepakati itu akan diserahkan ke Sekretaris Jenderal DPR untuk ditetapkan pimpinan DPR RI dalam rapat paripurna mendatang. Ia berharap, seluruh AKD dapat mulai be-kerja pada akhir Oktober 2019.

Di internal fraksi, Fraksi Partai Gerindra menunjuk Ahmad Muzani sebagai ketua fraksi, menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan. (Uta/Ant/P-2)

BERITA TERKAIT