25 October 2019, 06:30 WIB

PLN Gencarkan Listrik Masuk Desa


MI | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Pekerja memasang jaringan di tiang listrik baru

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus bergerak melistriki daerah-daerah di seluruh Indonesia, utamanya perdesaan.

Menurut Vice President Public Relation Pertamina Dwi Suryo Abdullah, secara nasional rasio elektrifikasi desa di Indonesia sudah mencapai 86% per September 2019.

“Tentu rasio ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah desa yang dialiri listrik oleh PLN,” kata Dwi Suryo di Batam, Kepulauan Riau, kemarin.

Terbaru, PLN telah menambah 13 desa di Kabupaten Halmahera Timur untuk memperoleh listrik.

Adapun pada 28 Oktober mendatang akan ada 25 desa di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, yang juga akan mulai dialiri listrik.

“Sehingga Pulau Bintan, Batam, dan Natuna memiliki elektrifikasi 100% karena seluruh desa sudah dilistriki,” jelas GM PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Irwansyah Putra.

Adapun untuk tiga pulau lagi yaitu Karimun, Lingga, dan ­Anambas ditargetkan sudah dapat dialiri listrik sekitar Juni 2020. Saat ini tersisa 27 desa lagi di tiga daerah itu yang belum seluruhnya dialiri listrik.

Lebih lanjut Irwansyah menjelaskan bahwa kehadiran listrik menumbuhkan geliat perekonomian. Di Natuna, misalnya, kini telah bermunculan perusahaan cold storage untuk menampung hasil perikanan. Saat ini sudah ada tujuh cool storage yang menjadi pelanggan PLN.

“Ketujuh pelanggan tersebut mempunyai daya terpasang sebesar 2.938,5 kVA,” ujar Irwansyah.

Di kesempatan berbeda, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan pihaknya menargetkan, pada 2020, rasio elektrifikasi sudah 99,9%.

Per September tahun ini, rasio sudah mencapai 98,86%. Tumbuh dari capaian di 2018 yang sudah sebesar 98,3%.

Kendati sudah sangat besar, ia mengatakan pemerintah akan terus berupaya keras menyempurnakan rasio itu secepatnya.

“Jangan sampai nanti terlihat angka rasio besar, tapi di ­lapangan masih ada yang belum terlistriki,” ujar Rida, kemarin.

Sebagian besar lokasi yang belum tersentuh listrik saat ini ialah yang terletak di pulau-pulau kecil dan area terpencil. (Uud/Pra/E-2)

BERITA TERKAIT