24 October 2019, 22:56 WIB

Jokowi Jamin Independensi Jaksa Agung


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

MI/ Ramdani
 MI/ Ramdani
ST Burhanudin

PRESIDEN Joko Widodo mengutarakan alasannya memilih ST Burhanuddin yang merupakan adik dari Politisi PDI Perjuangan TB Hasanuddin sebagai jaksa agung. Ia mengaku membutuhkan orang dari internal yang bisa memahami Kejaksaan Agung.

"Pertama, memang dibutuhkan orang dari internal biar juga bisa memahami hal-hal yang ada di internal Kejaksaan Agung," katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

Selain itu, sambung Jokowi, ia juga tertarik dengan hal-hal yang disampaikan ST Burhanuddin kepadanya terkait proses perbaikan di internal Kejaksaan Agung dan juga terkait pencegahan korupsi.

"Bahwa seseorang saudaranya ada di partai, saya kira tidak boleh melihat itu. Saya menjamin Pak Jaksa Agung akan profesional dalam menjalankan tugasnya dalam penegakan hukum," jelasnya.

ST Burhanuddin, kata Jokowi, merupakan mantan Jaksa Agung Muda yang berpengalaman. "Saya lihat penampilan juga oke, tegas tapi lembut," tandasnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan bahwa dia bukan kader PDI Perjuangan dan bukan titipan dari partai berlambang banteng tersebut. Ia menyebut bahwa dirinya ditunjuk Presiden sebagai Jaksa Agung dari kalangan profesional.

Terkait memiliki hubungan kakak-adik dengan TB Hasanuddin yang merupakan politisi PDIP, Burhanuddin mempertanyakan mengapa hal tersebut dipersoalkan.

"Dalam kehidupan ini kan kakak beradik, apakah misalnya kakak saya tokoh PDIP, apakah saya tidak boleh? Jangan terus Bapak saya tokoh PDIP, kemudian hak keperdataan saya hilang," katanya. (OL-8)

BERITA TERKAIT