25 October 2019, 00:00 WIB

Chelsea Memupuk Harapan


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP
 AFP
Chelsea vs Ajax Amsterdam

CHELSEA menguak pintu lolos ke babak sistem gugur di ajang Liga Champions Eropa musim ini. Skuad asuhan Frank Lampard melakukan dengan memetik poin penuh saat melawat ke Amsterdam Arena, markas Ajax, kemarin.

Gol kemenangan the Blues dicetak oleh pemain pengganti Michy Batshuayi pada menit ke-86 memanfaatkan umpan dari Christian Pulisic. Batshuayi yang mendapatkan umpan mendatar dari Pulisic langsung melesakkan tendangan keras yang gagal dijangkau Andre Onana.

Frank Lampard menunjukkan kelasnya sebagai pelatih dengan memasukkan Batshuayi dan Pulisic pada babak kedua untuk membuat lini serang menjadi bertenaga. Menarik keluar Tammy Abraham dan Willian yang tidak tampil maksimal di babak pertama merupakan langkah tepat. Pemain pengganti itu sukses membawa tiga poin penting dari markas Ajax.

Ini merupakan kemenangan keenam beruntun the Blues di semua ajang di bawah arahan Frank Lampard. “Saya sangat bahagia. Mereka (Ajax) merupakan lawan yang tangguh dan bisa mengalahkan mereka berarti kami unggul segalanya dari mereka di atas lapangan,” ungkap Lampard.

Lampard juga patut berbangga, karena sepanjang pertandingan Ajax tampil dominan dan menciptakan beberapa peluang emas.

Sebenarnya Ajax mampu men­cetak gol lebih dulu melalui gol Quincy Promes pada menit ke-35. Sial bagi Ajax, gol tersebut dianulir oleh wasit. Usai dicek melalui video assistant refeere (VAR), lengan Promes dinilai telah berada di posisi offside.

Atas kemenangan ini, Chelsea memuncaki klasemen sementara Grup H dengan koleksi enam poin hasil tiga kali main. Ajax menempel ketat dengan poin sama, tetapi mereka kalah head-to-head dari Chelsea.


Sulitkan Barca

Di laga lain, Slavia Praha memberikan perlawanan sengit kepada  Barcelona. Meski kalah dengan skor 1-2, tuan rumah Slavia Praha mampu menyulitkan klub raksasa Spanyol itu. Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, tampil kukuh melakukan delapan penyelamatan. “Ter Stegen telah menjadi pemain kunci kami dalam tiga pertandingan di Liga Champions,” puji pelatih Barcelona Ernesto Valverde.

Slavia Praha tertinggal melalui gol cepat Lionel Messi pada menit ke-3 memanfaatkan umpan Arthur Melo. Dengan gol itu, Messi bergabung dengan Raul Gonzales dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang menjebol gawang 33 klub berbeda di Liga Champions.

Messi juga mencatatkan nama sebagai pemain yang tidak pernah putus mencetak gol sepanjang 15 tahun terakhir gelaran antarklub terelite Eropa itu. Messi total mengoleksi 113 gol. Hanya kalah dari Ronaldo yang membukukan 127 gol.  

Slavia Praha sempat membalas melalui gol Jan Boril di menit ke-50. Namun, tujuh menit berselang, Peter Olayinka melakukan gol bunuh diri dan menentukan kemenangan Barca. (UEFA/AFP/R-2)

BERITA TERKAIT