24 October 2019, 20:46 WIB

PDIP Tegaskan Posisi Wamen Bukan Bagi-bagi Jabatan


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

Dok.MI
 Dok.MI
Sekjen PDIP Hasto Kritiyanto

SEKRETARIS Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan rancangan Wakil Menteri untuk mempermudah kerja dan amanah rakyat. Jadi hal itu bukan untuk konsolidasi politik seperti memberikan ruang bagi PAN maupun Demokrat dalam ruang kekuasaan.

"Wakil Menteri prerogatif Presiden. Desain menteri dan Wakil Menteri bukan untuk bagi-bagi kekuasaan, tapi utuk menjalankan seluruh amanah penderitaan rakyat. Jadi mari kita berikan kepercayana kepada Presiden," tegasnya di kediaman Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Kamis (24/10).

Menurut dia penambahan kursi itu tengah dimatangkan oleh Presiden Jokowi. Namun demikian hal itu murni untuk mempercepat kerja pemerintah dan bukan untuk membagi-bagi kekuasaan melalui jabatan di kabinet.

Baca juga: PPP Minta Jokowi Tunjuk Wamenag

Menyangkut PAN dan Demokrat, kata dia, akan tetap menjadi penyeimbang. Hal itu supaya jalannya roda pemerintahan tetap berada dalam jalur demokrasi yang baik.

"Kita harus menghormati posisi setiap partai demikian pula dari PAN dan Demokrat. Ada ruang kerja sama di DPR, MPR ada kerja sama di Pilkada. Demokrasi yang sehat itu tdak ditandai dengan semua masuk pemerintah, demokrasi sehat ada mekanisme kotrol kritik. Kami percaya PAN Demokrat dan PKS ambil itu," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT