24 October 2019, 18:09 WIB

Prabowo Sebut Tiga Dimensi Ancaman Keamanan


Golda Eksa | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
 ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
 Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berjalan dengan pejabat lama Ryamizard Ryacudu (kanan)

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan siap melanjutkan semua tugas yang diserahterimakan oleh Ryamizard Ryacudu. Ia mengemukakan ada 3 dimensi ancaman yang harus dihadapi secara bersama.

Pertama, ancaman belum nyata atau ancaman perang terbuka yang dianggap masih sangat kecil kemungkinannya terjadi. Kedua, ancaman nyata yang terdiri dari ancaman terorisme dan radikalisme, separatisme dan pemberontakan bersenjata, termasuk bencana alam, pelanggaran wilayah perbatasan, perompakan dan pencurian sumber daya alam, wabah penyakit, perang siber dan intellijen serta peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Terakhir, ancaman terhadap mindset. Ini paling sangat berbahaya. Kenapa? Karena dia akan mengubah ideologi Pancasila dengan konsep khilafah dan lain sebagainya," ujarnya kepada wartawan seusai upacara jajar kehormatan dan serah terima jabatan Menteri Pertahanan RI dari Ryamizard kepada Prabowo, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10).

Baca juga: Sidang Kabinet Paripurta Perdana, Ma'ruf Amin Pakai Sarung

Ketua Umum Partai Gerindra itu enggan menjelaskan secara detail ketika disinggung apa saja tugas awal yang bakal dilaksanakan, terutama terkait peningkatan kesejahteraan prajurit TNI dan postur alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Saya baru serah terima jabatan dan belum belajar semua masalah. Intinya pemerintah pasti perhatikan dan menteri lama pasti sudah perhatikan. Kita akan lanjutkan yang belum dan kita cari persetujuan dari mana-mana," kata dia.

Pada kesempatan itu Prabowo juga mengucapkan terimakasih kepada Ryamizard atas jasa dan pengabdiannya selama mengemban tugas sebagai Menteri Pertahanan RI. Ia meyakini teman satu angkatannya di Akademi Militer itu akan terus mengabdi di bidangnya serta menyuarakan kecintaan kepada Tanah Air.

Ryamizard menambahkan bahwa tugas Menteri Pertahanan RI sangat luar biasa. Pejabat yang mengemban tugas sebagai menhan pun diakuinya harus mampu menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa.

BERITA TERKAIT