24 October 2019, 17:46 WIB

PSSI: Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Akan Jadi Torehan Sejarah


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

MI/SUSANTO
 MI/SUSANTO
Exco PSSI, Refrizal

INDONESIA telah resmi dipercaya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 oleh FIFA. Hal tersebut diungkapkan dari hasil pertemuan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan dewan FIFA di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia untuk menghadiri pertemuan yang salah satu agendanya ialah menentukan tuan rumah Piala Dunia U-21. Rapat tersebut dipimpin oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Alhamdulilah, kerja keras tidak pernah mengecewakan. FIFA secara resmi memercayakan PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-2- tahun 2021. Terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam proses bidding kemarin,” tutur Ratu, Kamis (24/10).

Hal senada diungkapkan oleh salah satu Exco PSSI, Refrizal. Ia mengaku berhasilnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia merupakan sejarah baru bagi Bangsa.

Padahal, Refrizal mengaku awalnya ia sempat khawatir Indonesia bakal gagal menjadi tuan rumah lantaran sempat rusuh saat bermain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat Indonesia melawan Malaysia, (5/9).

Untungnya, ia bersyukur berkat lobi PSSI pada FIFA bisa membuat Indonesia dipercaya menjadii tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

“Kami sudah melakukan lobi-lobi dengan negara Asia Tenggara, negara-negara Timur-Tengah dan negara lainnya sejak dua tahun lalu,” ujar Refrizal.

Ia pun melihat bahwa pesaing Indonesia untuk menjadi tuan rumah, Brasil sudah terlalu sering menjadi tuan rumah Piala Dunia. Sementera, Peru, Refrizal menegaskan jika Indonesia jauh lebih unggul perihal lokasi dan kelayakan stadion.

“Kesiapan kita dalam lapangan. Kita siap merenovasi yang belum standar FIFA, kita renovasi lapangan, komitmennya, termasuk yang di Surabaya, Gelora Bung Tomo. Pemerintah daerahnya berjanji untuk merenovasi kalau kita terpilih menjadi tuan rumah piala dunia,” tutur Refrizal.

Rencananya, PSSI akan mengadakan rapat untuk membentuk tim khusus yang mengurusi kebutuhan sebagai tuan rumah.

Refrizal pun akan menyiapkan pasukan Fakhri Husaini, seperti Amiruddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi, untuk bertarung di Piala Dunia U-20 2021.

“Sekarang mereka berada di Timnas U-19 dan usianya baru rata-rata belum 18 tahun. Selain ikut Piala Dunia, mereka juga akan diproyeksikan untuk ikut Olimpiade Jepang 2024,” tuturnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT