24 October 2019, 16:47 WIB

Pemerintah Belum Tentu Naikkan Tarif Listrik Tahun Depan


Andhika Prasetyo | Ekonomi

 ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
  ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Petugas PLN memperbaiki gardu listrik saat pemadaman listrik serentak se-Pangandaran di Cikidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

PEMERINTAH mengungkapkan belum tentu ada kenaikan tarif listrik pada 2020 termasuk untuk pelanggan rumah tangga mampu (RTM) 900 va yang tidak akan lagi menerima subsidi dari pemerintah.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sudah sepakat menghapus subsidi bagi pelanggan listrik RTM 900 va per tahun depan sehingga mereka akan terkena penyesuaian tarif.

"Tapi apakah itu kemudian akan naik atau tidak belum diputuskan," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana di kantornya, Jakarta, Kamis (24/10).

Ia mengatakan tarif listrik bisa jadi tidak berubah lantaran harga batu bara sebagai bahan baku penggerak pembangkit tengah dalam posisi melemah sehingga biaya produksi listrik bisa ditekan.

"Jadi logikanya harga keekonomian juga turun. Namanya juga penyesuaian kan, bisa tetap, bisa naik bahkan bisa juga turun," jelasnya.

Rida menerangkan komponen yang mempengaruhi tarif listrik adalah nilai tukar dolar AS, inflasi, harga minyak Indonesia dan batu bara yang baru saja dimasukkan.

Penyesuaian dalam hal ini kenaikan akan terjadi jika komponen-komponen itu juga mengalami eskalasi. (OL-09)

BERITA TERKAIT