24 October 2019, 15:41 WIB

Lester Prosper Telah Bergabung Bersama Timnas Basket Indonesia


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

Dok.PBA
 Dok.PBA
 calon pemain naturalisasi asal AS yakni Lester Prosper.

TIM basket Indonesia kembali kedatangan calon pemain naturalisasi asal AS yakni Lester Prosper,31. Prosper langsung bergabung dengan skuad pelatnas namun belum berlatih dikarenakan baru tiba di Indonesia, pada Kamis dini hari (24/10).

Prosper sengaja didatangkan untuk menggantikan posisi center yang kosong sepeninggal Denzel Bowles yang dicoret dikarenakan memiliki kendala mental.

Manajer timnas basket Indonesia, Fareza Tamrella, mengakui bahwa awalnya memang ada kandidat lain yang akan masuk. Namun, Prosper menjadi pemain yang dipilih karena dianggap memiliki pengalaman dan energy yang cocok dan dibutuhkan timnas basket Indonesia.

“Kebetulan dari pelatih Rajko Toroman merekomendasikan dia, jadi kami akan gunakan Prosper,” tutur Fareza kepada Media Indonesia, saat ditemui di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10).

Prosper sendiri merasa bangga bisa bergabung dengan tim basket Garuda. Pebasket yang pernah bermain di Liga Basket Filipina (PBA) bersama klub Columbian Dyipe itu siap menanggung amanah untuk membela tim basket Garuda.

“Saya suka dengan tim ini, para pemain bekerja keras, pintar, mendengarkan pelatih. Orang-orang Indonesia secra umum ramah, mereka menyambut saya dengan baik. Saya merasa sangat tersanjung dengan itu,” tutur Prosper.

“Pelatih juga sangat keren, semua orang di sini luar biasa,” tambahnya.

Perihal kesiapannya untuk bermain, Fareza akan melakukan medical check-up serta mental tes agar kejadian seperti sebelumnya tak terulang.

“Ia (Prosper) akan di cek secepatnya. Ia baru sampai juga, dan tak mungkin melakukan pengecekan di AS,” ujar pria yang akrab disapa Moca itu.

Meski telah bergabung dengan timnas, Prosper masih belum mengetahui kapan bisa membela Indonesia. Pasalnya, proses paspor yang berlarut-larut kembali menjadi hambatan untuk para pebasket asing yang akan dinaturalisasi.

“Saya akan segera mendapatkan itu (paspor), sekarang saya sedang menunggu proses itu dari federasi (Perbasi). Saya akan segera mendapatkan itu,” tuturnya.

Fareza pun menambahkan bahwa proses naturalisasi Prosper baru di tahap awal dan diprediksi akan memakan waktu yang sangat panjang jika tak diperbantukan oleh pihak Pemerintah.

Dengan begitu, kesempatan Prosper unjuk gigi di SEA Games 2019 Filipina sangat tipis.

“Peluang tampil di Filipina kecil banget. karena paling utama proses pengurusan paspor pekan depan. Namun semua kesempatan masih ada hingga technical meeting pada 30 November mendatang,” ucapnya. (OL-09)

BERITA TERKAIT