24 October 2019, 10:36 WIB

Sidang Kabinet Paripurta Perdana, Ma'ruf Amin Pakai Sarung


Damar Iradat | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Sejumlah menteri memberi salam kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelum sidang Paripurna Perdana di Istana Merdeka, Jakarta.

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin tampil sederhana dalam sidang kabinet paripurna perdana usai pemerintahan periode 2019-2024 resmi terbentuk.

Ma'ruf tampak mengenakan pakaian yang biasa ia pakai selama masa kampanye.

Pantauan di lapangan, Ma'ruf mengenakan jas hitam dibalut syal berwarna putih. Ia juga mengenakan sarung berwarna biru gelap dan peci hitam.

Sementara itu, para menteri Kabinet Indonesia Maju mayoritas mengenakan kemeja putih lengan panjang. Beberapa menteri yang mengenakan kemeja putih yakni; Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Menteri Pariwisiata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama Kusbandio.

Baca juga: Para Menteri Tiba di Istana Jelang Sidang Kabinet

Namun, beberapa menteri juga tampak mengenakan batik. Adapun menteri yang mengenakan batik di antaranya Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Dalam pembukaan sidang kabinet paripurna itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan, rapat kali ini akan dibahas apa yang akan dikerjakan dalam lima tahun ke depan. Jokowi tidak ingin ada menteri yang memiliki visi dan misi berbeda.

"Bahwa tidak ada visi misi menteri. Yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden. Tolong dicatat," tegas Jokowi. (OL-2)

BERITA TERKAIT