24 October 2019, 10:07 WIB

Taiwan Nilai Indonesia sebagai Pasar Medis Potensial


mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Dengan mengusung tema Taiwan Execellenct, perusahaan EPED tawarkan peralatan medis untuk retina.

UNTUK mendorong perusahaan-perusahaan Taiwan untuk meningkatkan inovasi dan pengembangan produk mereka dibentuk Proyek Peningkatan Citra Industri Taiwan atau IEP Project.

Namun untuk mengenalkan dan mempromosikan produk industri ke mancanegara, pemerintah Taiwan telah menundaskan Dewan Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Taiwan (Taitra).

Taiwan memandang Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi pasar yang baik untuk peralatan medis atau kesehatan. Untuk membidik pasar kesehatan Indonesia, dengan mengusung Taiwan Excellence, perusahaan Taiwan berpartisapasi pada Indonesia Hospital Expo 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, selama tiga hari pada 23-26 Oktober 2019. 

"Indonesia adalah salah satu pasar potensial untuk industri kesehatan. Indonesia memiliki pertumbuhan yang potensial di sektror pelayanan kesehatan dan medis," kata Duta Besar Taiwan untuk Indonesia John C Chen di Jakarta, Rabu (23/10).

"Sekarang ini, banyak merek dari produk perusahaan Taiwan dipamerkan di stand Taiwan Exellence dan siap berkerja sama secara bilateral dan mencai mitra untuk membangkan distribusi mereka di pasar Indonesia," ujar Chen. 

Dari Indonesia Hospital Expo 2019, Taiwan Excellence siap memenuhi dan menjawab kebutuhan pasar medis di Indonesia. Di stand Taiwan, salah satu produk yang ditampilkan adalah peralatan yang diberi the Implementation of navigation systems untuk retina buatan perusahaan Taiwan, EPED. 

Dokter mata biasanya akan mendapat kesulitan untuk memeriksa retina pasien dalam keadaan tertutup. Namun dengan peralatan the implementation of navigation systems dengan diukung CT scan dan MRI,  dokter akan dapat melihat jelas arena sekitar retina yang terdiri dari tulang dan daging.    

Dengan menggunakan alat medis buatan EPED, dokter akan dapat melihat gambar yang jelas dan realistis dari kondisi retina. Dengan gambaran detail dari retina, dokter bisa terbantu dalam melakukan operasi dengan tanpa perlu menyayat bagian seputar retina.  

Peralatan the implementation of navigation systems untuk retina telah diuji dan diterapkan dalam operasi mata di rumah sakit-rumah sakit Taiwan. Bahkan sebelum dipasarkan, badan riset dan pengembangan EPED telah merancang perlatan tersebut dapat digunakan secara efektif, akurat, dan aman bagi pasien. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT