24 October 2019, 09:43 WIB

Mendagri Instruksikan Jajaran Jaga Stabilitas Politik


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

 ANTARA/M Risyal Hidayat
  ANTARA/M Risyal Hidayat
Mendagri Tito Karnavian (kiri) saat serah terima jabatan dengan pendahulunya Tjahjo Kumolo

MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian menginstruksikan jajaran di Kementerian Dalam Negeri untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan.

Adanya pemerintahan baru dengan pimpinan baru di kementerian/lembaga, kata dia, akan memengaruhi konstelasi politik baik di nasional maupun daerah.

"Situasi baru ini akan memengaruhi konstelasi politik nasional dan daerah dengan segala kebijakan-kebijakan improvisasi dengan para pimpinan yang baru. Itu akan berdampak pada posisi Kemendagri sebagai tulang punggung pemerintahan, lebih khusus di pemerintah daerah," kata Tito dalam apel pagi seluruh pegawai Kemendagri dan BNPP di Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/10).

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Jamin Permudah Izin Investasi

Ia pun meminta seluruh jajarannya untuk menangkap apa saja kebijakan-kebijakan di kementerian lainnya yang akan berdampak pada stabilitas politik dan keamanan.

Pasalnya, kata dia, tanpa situasi yang aman, pembangunan tidak akan berjalan.

"Keamanan yang tidak baik tidak akan terjadi pembangunan. Pembangunan yang tidak baik akan berdampak pada keamaman. Keamanan salah satu yang terpenting adalah stabilitas politik, yang menjadi tugas pokok dan fungsi Kemendagri," jelasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT