24 October 2019, 09:15 WIB

Duet Pembalap Renault Didiskualifikasi dari GP Jepang


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Behrouz MEHRI
 AFP/Behrouz MEHRI
Pembalap Renault Daniel Ricciardo

DUO pembalap Renault Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg, Rabu (23/10), didiskualifikasi dari GP Jepang setelah tim mereka dianggap melanggar aturan terkait rem. Hal itu diungkapkan otoritas Formula 1 FIA.

Ricciardo finis di peringkat keenam sementara Hulkenberg ke-10 dalam balapan di Suzuka, 13 Oktober lalu.

Namun, kini, tim asal Prancis itu dipastikan kehilangan sembilan poin yang diraih Ricciardo.

"Renault telah didiskualifikasi dari GP Jepang sebagai setelah protes yang diajukan tim Racing Point diterima," ujar FIA dalam pernyataan resmi mereka.

"Racing Point memprotes terkait pelanggaran Sporting and Technical Regulation dan International Sporting Code terkait pengaturan sistem rem," imbuh FIA.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah F1 2020, Vietnam Siap Sambut Para Turis Asing

Akibat didiskualifikasinya kedua pembalap Renault itu, pembalap Racing Point Lance Stroll dan pembalap Toro Rosso Daniil Kvyat kini menduduki peringkat kesembilan dan kesepuluh di GP Jepang.

Adapun pembalap Ferrari Charles Leclerc, pembalap Toro Rosso Pierre gasly, dan pembalap Racing Point Sergio Perez naik ke peringkat enam, tujuh, dan delapan.

Renault, Rabu (23/10), mengatakan berencana mengajukan banding atas hukuman tersebut.

"Mempertimbangkan subyektivitas dari kualifikasi sebuah sistem sebagai alat bantu pembalap dan variabilitas dari penalti dalam berbagai kasus, Renault akan mempertimbangkan langkah sesuai batas waktu yang ditetapkan FIA," kata Renault. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT