24 October 2019, 07:15 WIB

Tidak Pernah Menyangka


Akmla Fauzi | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Menteri Agama Fachrul Razi.

FACHRUL Razi menebak alasan penunjukannya sebagai menteri agama dalam Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya ialah aktivitas ceramahnya mengenai Islam yang damai dan toleran.

"Kalau saya mencoba, apa sih (alasan) Pak Jokowi, kenapa pilih saya? Saya mencoba-coba tebakan. Tebakan saya begini, dia melihat Pak Fachrul ini sudah mendalami agama, meski bukan kiai. Juga, khotbah di mana-mana, ceramah di mana-mana dan setiap ceramahnya enggak jauh tentang Islam yang damai, tentang toleransi, tentang persatuan dan kesatuan," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin, setelah dilantik menjadimenteri agama.

Pria berdarah Aceh itu pun menduga ceramahnya di banyak tempat soal cara menangkal radikalisme mendapatkan perhatian khusus dari Presiden Jokowi. Selain itu, pengalamannya di bidang militer juga menjadi pertimbangan Presiden. "Pak Jokowi melihat Pak Fachrul ini pengalamannya banyak di bidang militer dan macam-macam. Dia juga sangat bisa melaksanakan yang tadi-tadi itu soal agama," sebut Fachrul.   

Menurut dia, saat ini tantangan dalam hal keagamaan dan kerukunan ialah adanya penafsiran ajaran agama menggunakan cara yang keliru. "Agama Islam kan yang mengajak damai, rahmatanlil alamin, kalau enggak bawa rahmah dan membawa mudarat, pasti salah menafsirkan."    

Ia semula berpikir akan menempati posisi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dan Mahfud MD yang menempati posisi menteri agama mengi-ngat selama ini jabatan Menko Polhukam selalu dijabat militer.

"Ternyata Pak Jokowi punya pemikiran lain." (Mal/Ant/P-3

BERITA TERKAIT