23 October 2019, 23:40 WIB

Gerak Cepat Benahi Olahraga Nasional


MI | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali 

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan dirinya akan langsung menindak lanjuti tugas yang diberikan Presiden Jokowi terkait dengan pembenahan sepak bola, saat dijumpai di Gedung Kemenpora, Jakarta, kemarin,

"Beliau (Jokowi) sangat menaruh perhatian, beliau mengatakan masa sih 260 juta penduduk tidak bisa menghasilkan tim nasional yang bagus? Usia dini kita bagus, lalu senior kenapa tidak berprestasi, apanya yang salah?" ujar Zainudin.

Meski demikian, politikus Partai Golkar itu mengaku masih akan mengkaji langkah apa yang akan ia lakukan demi tercapainya harapan Presiden. "Saya akan bicara dengan stakeholders. Cabang olahraga (cabor), tentu mereka yang tahu. Posisi pemerintah tidak akan mencampuri terlalu jauh, kami menjadi fasilitator dari keolahragaan," kata dia.

Terpisah, anggota Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Yunus Nusi mengatakan menaruh harapan besar kepada Zainudin untuk memajukan sepak bola Indonesia. Dia berharap dengan latar belakang Zainudin sebagai politikus tak menghambat kinerjanya dalam mengemban tugas menghasilkan prestasi bagi Indonesia.

Selain sepak bola, yang juga harus difokuskan Zainudin ialah persiapan atlet Indonesia yang akan bertarung di SEA Games 2019. Saat ini juga ada satu persoalan mengenai anggaran kontingen yang harus diselesaikan.

Kemarin, Komandan Kontingen (CdM) Indonesia menegaskan anggaran yang diberikan pemerintah cukup untuk membiayai wakil Merah Putih di Filipina. Namun, tidak akan cukup jika ada penambahan jumlah atlet dan ofisial.

"Jumlah cabor sudah pasti, semua diberangkatkan lewat anggaran pemerintah. Tapi sekarang ini ada cabor yang mau nambah atlet sama ofisial. (Faj/Des/R-3)

BERITA TERKAIT