23 October 2019, 23:20 WIB

PSG, City masih Sempurna


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP
 AFP
Pemain PSG Kylian Mbappe

DUA bintang muda, Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain (PSG) dan Raheem Sterling yang berkostum Manchester City berjaya mencetak trigol, kemarin dini hari WIB. Sumbangan yang membuat tim yang mereka bela tampil sempurna sepanjang tiga laga di ajang Liga Champions Eropa.

Mbappe yang belum genap 21 tahun, membayar kepercayaan pelatih Thomas Tuchel yang memasukkan sebagai pemain pengganti di menit ke-52 pada laga Grup A melawan tuan rumah FC Bruges di Stadion Jan Breydel.

Tiga gol dilesakkan Mbappe yang tahun lalu juga berjasa membawa Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018 Rusia, yakni di menit ke-61, 79, dan 83. Mbappe pun mengoleksi 15 gol di ajang antarklub terelite Eropa saat usia masih 20 tahun 306 hari. Meruntuhkan rekor milik megabintang Barcelona Lionel Messi yang mencatat 15 gol ketika berusia 21 tahun 288 hari, yang bertahan selama 11 tahun.

"Saya ingin bermain dan saya berpikir bermain sejak awal, tetapi pelatih membuat keputusan. Saya menerima itu. Saya ingin tunjukkan akan sulit bagi tim tanpa kehadiran saya," jelas Mbappe yang baru pulih dari cedera.

Dua gol Le Parisiens lain disumbangkan Mauro Icardi di menit ke-7 dan 63, melengkapi keunggulan 5-0 atas tuan rumah. PSG pun kukuh di puncak klasemen dengan poin sempurna, sembilan angka hasil tiga kali tanding. PSG juga tidak pernah kebobolan dan mengoleksi sembilan gol.

PSG kini unggul lima angka atas Real Madrid yang meraih kemenangan perdana. Skuad asuhan Zinedine Zidane itu unggul 1-0 atas tuan rumah Galatasaray Turki berkat gol tunggal gelandang Jerman, Toni Kroos di menit ke-18.

 

Lebih cepat

Jika Mbappe butuh 22 menit untuk mencetak trigol, Raheem Sterling hanya butuh setengahnya. Tampil di kandang sendiri, Stadion Etihad, Sterling mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-58, 64, dan 69 saat the Citizens melibas wakil Italia, Atalanta, 5-1.

Tim tamu sempat membuat pemuja tim 'Biru Langit' terdiam melalui gol penalti Ruslan Malinovsky di menit ke-28. Anak asuh Pep Guardiola bangkit dan membalikkan keadaan dengan aksi Sergio Aguero di menit ke-34, serta gol kedua empat menit berselang melalui penalti.

Namun, City harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Itu setelah Phil Foden mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-82.

Sterling, 24, yang juga penyerang tim nasional Inggris bertekad melanjutkan performa cemerlang di laga lain. Bola pun dia simpan untuk dibawa ke rumah sang ibu di Jamaika. "Saya akan taruh di kotak kaca. Saya siapkan enam kotak lain untuk menjaga saya mencetak trigol lagi."

Tim kampiun Liga Primer musim lalu itu kian kukuh menguasai klasemen sementara Grup C dengan nilai sempurna, sembilan dari tiga laga. Produktivitas City pun terjaga dengan koleksi 10 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Selain PSG dan City, kemenangan ketiga juga dipetik juara Jerman, Bayern Muenchen yang mengalahkan tuan rumah Olympiakos Yunani 3-2 di laga Grup B. (AFP/uefa/R-2)

BERITA TERKAIT