23 October 2019, 19:04 WIB

Zainuddin Amali Fokus Benahi Sepak Bola


Rahmatul Fajri | Ekonomi

MI/ Susanto
 MI/ Susanto
Zainuddin Amali 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengaku diminta Presiden Joko Widodo untuk membentuk tim nasional sepak bola yang tangguh dan mampu bersaing hingga level dunia.

Ia diminta untuk membenahi jebloknya prestasi sepak bola level senior yang berbeda dengan timnas usia muda seperti U-19 dan U-23 yang bisa bersaing minimal di kawasan Asia Tenggara.

"Beliau (Jokowi) sangat menaruh perhatian, beliau mengatakan masa sih 260 juta penduduk tidak bisa menghasilkan timnas yang bagus? Usia dini kita bagus, lalu senior kenapa tidak berprestasi, apanya yang salah," ujar Zainuddin ketika ditemui di Kemenpora, Rabu (23/10).

Namun, politikus Partai Golkar itu mengaku masih akan mengaji langkah apa yang akan dilakukan demi tercapainya harapan Presiden Jokowi itu. Ia mengaku perlu menggandeng berbagai stakeholder untuk bekerja sama membenahi masalah yang ada di sepak bola nasional.

"Saya akan bicara dengan stakeholder cabor, tentu mereka yang tahu, posisi pemerintah tidak akan mencampuri terlalu jauh, kami menjadi fasilitator dari keolahragaan," ungkap eks anggota DPR itu.

Sebelumnya, saat resmi diumumkan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga oleh Presiden Joko Widodo. Saat diperkenalkan, Zainudin diminta membenahi pengelolaan sepak bola di Indonesia.

“Zainudin Amali, Menpora. Sepak bolanya, pak,” kata Jokowi di Veranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). (OL-8)

BERITA TERKAIT