23 October 2019, 18:32 WIB

Pelaku Usaha Sambut Baik Penunjukan Menteri ESDM Baru


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif

PELAKU usaha sektor energi optimistis penunjukan Arifin Tasrif sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat membawa industri tersebut ke arah yang lebih baik.

President Director of PT Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro menyebut Arifin Tasrif adalah sosok profesional yang sudah terbukti di lapangan.

"Secara teknis, Pak Arifin kan tumbuh di industri petrokimia jadi sangat penting bagi sektor ini," ujar Hilmi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10).

Di luar itu, ia mengatakan menteri ESDM baru harus dapat membuat iklim investasi menjadi lebih baik, mulai dari kepastian hukum hingga sisi finansialnya.

Setelah itu, lanjut Hilmi, pemerintah harus dapat menbuat kebijakan yang mendorong cadangan minyak di Tanah Air.

"Itu mungkin belum sempat dijalankan dengan optimal di masa Pak Jonan. Mudah-mudahan, dalam kepemimpinan Pak Arifin, kita bisa nenggali banyak sumber minyak baru. Bukan hanya didorong tetapu dieksekusi secara betul," jelasnya.

Baca juga: Menkeu Tunggu Keputusan Presiden soal Anggaran Perubahan

Yang terakhir, kata Hilmi, menteri baru harus bisa melaksanakan transisi dari energi konservatif menuju energi terbarukan.

Kebijakan itu, ucap dia, tidak bisa dilakukan dengan cara-cara normal. Harus ada terobosan yang inovatif sehingga program bisa berjalan dengan maksimal ke depannya.

"Investasi ini memang awalnya mahal tetapi eneeginya semua gratis, sinar matahari, angin, geo termal, jadi pasti lebih baik secara keberlanjutan. Kita yang harus cerdas menanganinya," tandas Hilmi. (A-4)

BERITA TERKAIT