23 October 2019, 14:46 WIB

Ini Alasan Presiden Beri Nama Kabinet Indonesia Maju


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama para menteri yang baru saja dilantik di Istana Negara, Rabu (23/10).

PRESIDEN Joko Widodo mengutarakan alasannya mengenai penamaan kabinet di periode keduanya dengan sebutan Kabinet Indonesia Maju. Di periode pertamanya, ia menamakan jajaran kabinetnya dengan sebutan Kabinet Kerja.

"Ini dalam lima tahun kemarin kita kerja, kerja, kerja. Ini arahnya lebih dikerucutkan untuk mengantarkan Indonesia maju," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10).

Di periode keduanya ini, Jokowi mengaku tidak ada target 100 hari yang dicanangkan di awal masa jabatannya tersebut. Pasalnya, kata dia, apa yang dilakukan adalah melanjutkan dari periode sebelumnya.

"Yang jelas kita ingin mengejar, yang pertana berkaitan dengan defisit neraca perdagangan, defisit transaksi berjalan, kemudian membuka lapangan kerja, yang ini akan kita lakukan dengan menarik investasi sebanyak-banyaknya," tuturnya.

Selain itu, kata dia, juga mengenai reformasi birokrasi yang harus terus dilakukan secara konkret. Menurutnya, hal-hal yang ruwet dan ribet harus disederhanakan.

baca juga: Siti Nurbaya Siap Lanjutkan Program Dengan Tepat dan Cepat

"Tentu saja prioritas utama kita lima tahun ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia sehingga semua yang berkaitan dengan itu harus digarap secara rame-rame," ucapnya.

Usai pelantikan jajaran kabinetnya tersebut, Jokowi mengatakan bahwa pemerintahannya akan langsung bekerja. "Pelantikan Kabinet Indonesia Maju telah selesai dilakukan dan setelah ini langsung kita akan bekerja," katanya. (OL-3)

BERITA TERKAIT