23 October 2019, 11:53 WIB

Jumlah Menteri Perempuan Jokowi Berkurang


Damar Iradat | Politik dan Hukum

ANTARA/Wahyu Putro
 ANTARA/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga veranda Istana Merdeka

PRESIDEN Joko Widodo telah memperkenalkan nama-nama menterinya ke publik. Dalam susunan kabinet Indonesia Maju, total hanya ada lima menteri perempuan.

Menteri perempuan yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Porsi menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju ini lebih sedikit dibanding porsi menteri perempuan di Kabinet Kerja, periode pertama Jokowi menjabat sebagai presiden.

Lima tahun lalu, setidaknya ada sembilan menteri perempuan di awal pembentukan kabinet kerja.

Baca juga: Bu Susi Jadi Trending di Twitter

Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri PPA Yohanna Yambesie, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Namun, seiring berjalannya waktu, Jokowi mengganti Khofifah sebagai Mensos. Pada 2018, Khofifah mundur dari Mensos karena maju dalam Pilkada 2018. Posisinya pun digantikan Agus Gumiwang. (OL-2)

BERITA TERKAIT