23 October 2019, 11:16 WIB

Menteri Kabinet Indonesia Maju Resmi Dilantik


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Prosesi pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka

PRESIDEN Joko Widodo melantik menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

"Sebelum saya mengambil sumpah dan janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju per 2019-2024, sebagai Jaksa Agung, sebagai Sekretaris Kabinet, sebagai Sekretaris Kabinet, sebagai Kepala Staf Kepresidenan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, terlebih dulu saya tanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing?" kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10) yang dijawab sigap para pejabat "bersedia".    

Pelantikan itu tercakup dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 113/P Tahun 2019 Tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.    

Selain itu, pengangkatan Jaksa Agung tercatat dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 114/P Tahun 2019, pengangkatan Sekretaris Kabinet dalam Keputusan Presiden 115/P Tahun 2019, pengangkatan Kepala Staf Kepresidenan dalam Keputusan Presiden Nomor 116/P Tahun 2019, dan pengangkatan Kepala BKPM dalam Keppres Nomor 117/P Tahun 2019.    

Baca juga: Kabinet Indonesia Maju Sinyal Kuat Perang Melawan Radikalisme

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan kerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi membimbing pembacaan sumpah.    

Pelantikan kali ini dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Matalitti, serta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan semua kepala staf matra TNI.    

Beberapa ketua umum partai politik juga hadir antara lain Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani, dan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. (OL-2)

BERITA TERKAIT