23 October 2019, 11:30 WIB

Shaq Dukung GM Rockets dalam Kisruh dengan Tiongkok


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Bryan R Smith
 AFP/Bryan R Smith
Shaquille O'Neal

LEGENDA NBA Shaquille O'Neal memberikan dukungannya kepada General Manager Houston Rockets Daryl Morey, Selasa (22/10), dengan mengatakan melakukan hal yang benar meski komentarnya memancing kisruh antara NBA dengan Tiongkok.

Berbicara dalam acara televisi Inside the NBA, mantan bintang Los Angeles Lakers itu mengatakan Morey berhak mencicit dukungan terhadap demonstran prodemokrasi Hong Kong pada awal bulan ini.

"Daryl Moret melakukan hal yang benar," ujar O'Neal. "Setiap kali Anda melihat ada yang salah di mana pun, Anda berhak mengatakan, 'Itu tidak benar'."

O'Neal mengatakan tidak ada yang bisa menghalangi kebebasan berpendapat.

"Kita, warga Amerika, melakukan banyak urusan di Tiongkok," ujar O'Neal.

Baca juga: Knicks Putuskan Pertahankan Ntilkina

"Mereka tahu dan mengerti nilai-nilai kita dan kami mengerti nilai-nilai mereka. Salah satu nilai terbaik Amerika adalah kebebasan berpendapat."

"Kita berhak mengatakan apa pun yang mau kita katakan dan kita berhak berbicara mengenai ketidakadilan. Jika orang lain tidak mengerti itu, itu salah mereka," imbuhnya.

Morey memicu krisis setelah pada awal bulan ini mencicit gambar dengan tulisan, "Fight for Freedom. Stand with Hong Kong"

Cicitan itu diunggah Morey sebelum Los Angeles Lakers dan Brooklyn Nets tiba di Tiongkok untuk dua laga eksebisi. Pernyataan Morey itu menyebabkan televisi Tiongkok menolak menyiarkan laga eksebisi itu, memicu kemarahan pubolik, dan sponsor lokal memutus hubungan dengan NBA.

Hong Kong telah berbulan-bulan diguncang demonstrasi oleh warga yang menuding Tiongkok memangkas kebebasan mereka. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT