23 October 2019, 06:27 WIB

Edgar Marvelo Sabet Medali Emas Kedua di Kejuaraan Dunia Wushu


Despian Nurhidayat | Olahraga

MI/ROMMY PUJIANTO
 MI/ROMMY PUJIANTO
Edgar Marvelo

EDGAR Xavier Marvelo kembali mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil menyabet emas kedua pada Kejuaraan Dunia Wushu XV yang digelar di Minhang Stadium Shanghai, Tiongkok, Selasa (22/10) waktu setempat.

Pria yang baru menginjak usia 21 tahun itu berhasil merebut gelar di nomor Jianshu dengan catatan poin 9,656 poin setelah pada hari sebelumnya meraih medali emas di nomor Qianshu.

Dalam penampilan yang cukup lepas, Edgar berhasil mengalahkan atlet Korea Selatan, Seungjae Cho yang mencatatkan 9,636 poin dan juga atlet Singapura, Si Wei Jowen L yang mengisi posisi ketiga dengan raihan 9,626 poin.

Sementara itu, atlet Indonesia lainnya Seraf Naro Siregar berhasil menempati peringkat kelima dengan catatan 9, 613 poin.

Baca juga: Edgar Marvelo Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia Wushu

Dengan prestasi yang berhasil diukir ini, Edgar telah menyamai raihan prestasi yang pernah diukir Charles Sutanto. Charles juga pernah meraih emas Qianshu dan Jianshu di Kejuaraan Dunia Wushu di Jakarta, 2015 yang lalu.

"Penampilan Edgar sangat bagus dan tanpa beban. Makanya, saya bersyukur sekali Edgar bisa menyumbangkan dua medali emas bagi Tim Wushu Indonesia," ungkap pelatih Taulo Susyana Tjhan dalam keterangan resmi, Rabu (23/10) dini hari WIB.

Selain itu, perasaan bangga juga tercurahkan dalam benak Sekretaris Jenderal PB WI (Pengurus Besar Wushu Indonesia) Ngatino. Dia mengatakan prestasi ini pun tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak salah satunya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Saya juga bangga Edgar mampu menyumbangkan medali emas keduanya bagi Tim Wushu Indonesia. Saya berharap Edgar bisa tampil lebih baik lagi di ajang lainnya. Keberhasilan Edgar dan peningkatan prestasi yang ditunjukkan Seraf Naro Siregar itu sudah menjadi bukti bahwa keberadaan tim Pelatnas Wushu yang menjalani Trainning Camp di Tiongkok dengan dukungan dana dari Kemenpora telah membawa dampak positif," tambahnya.

"Banyak kemajuan yang dialami tim Pelatnas Wushu yang menjalani persiapan menuju SEA Games Filipina 2019. Faktanya, Edgar mampu mengukir prestasi tertinggi pada Kejuaraan Dunia Wushu," pungkas Ngatino.

Setelah ini, Edgar, Seraf dan Haris akan kembali tampil di nomor Dullian, Rabu (23/10). Dua atlet lainnya yakni Fayla Maharani akan turun di nomor Nangun dan Bobie Valentinus di nomor Taijijian di hari yang sama. (OL-2)

BERITA TERKAIT