23 October 2019, 03:30 WIB

Ujian Berat Pasukan Muda the Blues


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

(Photo by Glyn KIRK / AFP)
 (Photo by Glyn KIRK / AFP)
Bek Chelsea asal Spanyol Marcos Alonso (kiri), gelandang Chelsea asal Brasil Willian (4L), striker Chelsea dari Belgia Michy Batshuayi (4R),

PASUKAN muda Chelsea bertekad melanjutkan performa positif saat melawat ke Amsterdam Arena, markas Ajax, dalam lanjutan Liga Champions, malam ini.

Tim asuhan Frank Lampard itu baru saja mencatatkan lima kemenangan beruntun seusai membekap Newcastle United di Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu. Fikayo Tomori, Ross Barkley, Mason Mount, Callum Hudson-Odoi, dan Tammy Abraham bermain bersamaan pada kemenangan di Stamford Bridge itu.

Tren positif itulah yang coba dimanfaatkan the Blues--julukan Chelsea--untuk meraih poin dari kandang Ajax. Namun, keinginan mereka bisa saja buyar lantaran Ajax sangat tajam ketika bermain di kandang.

Ketajaman semifinalis Liga Champions musim lalu itu dalam mencetak gol cukup mengesankan. Mereka mencetak rata-rata tiga gol saat bermain di kandang.

Kehilangan sejumlah pilar penting musim lalu, seperti Frankie De Jong dan Matthijs de Ligt, tak membuat performa tim asuhan Erik ten Hag itu goyang.

Hakim Ziyech, David Neres, dan Dusan Tadic masih tampil mengesankan musim ini. Ditambah rekrutan anyar Quincy Promes yang membuat lini depan berwarna dengan sumbangan delapan gol di semua ajang.

Saat ini, Ajax juga belum kalah di Liga Champions dengan menyabet dua kemenangan atas Lille dan Valencia. Di Liga Belanda, Ajax juga tangguh dengan belum pernah terkalahkan musim ini.

Kondisi itu membuat arsitek Chelsea Frank Lampard cukup khawatir. "Melawan Ajax merupakan partai besar karena mereka tim yang kuat. Pergerakan tim dan cara mereka bermain akan menjadi ujian bagi kami," ungkap Lampard.

Setidaknya Lampard bisa bernapas lega. Bomber Tammy Abraham saat ini telah mencetak sembilan gol di semua ajang. Ditambah kembalinya Callum Hudson Odoi seusai dibekap cedera bisa menjadi tumpuan meraup poin.

Panggung trio MSG

Di laga lain, trisula Barcelona Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann atau trio MSG mencuri perhatian saat melawan Eibar pada lanjutan La Liga, akhir pekan lalu.

Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 3-0 untuk Barcelona itu, trio MSG pertama kalinya mencetak gol secara bersamaan. Griezmann membuka keran gol, diikuti Lionel Messi, kemudian Luis Suarez ikut mencatatkan nama di papan skor.

Kini, trio MSG mendapatkan panggung untuk kembali bersinar saat terbang ke markas Slavia Praha pada lanjutan Liga Champions, dini hari WIB nanti.

Laga itu akan dijadikan sebagai momentum untuk terus memperkuat ikatan batin bagi trio MSG dan memberikan enam kemenangan beruntun bagi klub yang berjuluk La Blaugrana itu. Slavia Praha harus waspada dengan ketajam-an trio MSG tersebut.

"Akan ada hari yang baik atau buruk, tapi kami pelan-pelan akan mengetahui satu sama lain dan kami akan mencetak lebih banyak gol," ungkap Griezmann.

Kiper Slavia Praha Ondrej Kolar mengaku tak silau dengan superioritas Barcelona bersama trio MSG itu. Kolar mengatakan ia pernah mengalahkan tim besar seperti Sevilla di Liga Europa musim lalu dan ingin mengulang kisah serupa dini hari ini.

"Setidaknya kami bisa mencuri satu poin. Kami telah membuktikan mengalahkan tim besar dan saya percaya kami akan menyulitkan mereka di kandang kami," kata Kolar. (AFP/R-2)

BERITA TERKAIT