22 October 2019, 17:56 WIB

Pertamina Kerahkan Mobil Pemadam Khusus Tangani Kebakaran Pipa


Depi Gunawan | Nusantara

ANTARA/RAISAN AL FARISI
 ANTARA/RAISAN AL FARISI
Petugas berusaha memadamkan api saat kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10).

GABUNGAN tim Pemadam Kebakaran masih berusaha menjinakkan kobaran api yang membakar pipa PT Pertamina di Kampung Mancong, RT 02/ RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (22/10) petang.

Sejak api diketahui berkobar sekitar jam 14.00 WIB, sedikitnya sudah 20 unit mobil pemadam gabungan dari Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat dikerahkan untuk memadamkan api.

Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi menerangkan, di jalur pipa saat ini masih terdapat ribuan liter bahan bakar minyak (BBM) yang
berpotensi ikut terbakar.

"Masih ada ribuan liter bahan bakar minyak yang mudah terbakar. Kita usahakan blocking area yang terbakar karena di sekitar lokasi terdapat pemukiman penduduk dan industri," kata Indrahadi di lokasi.

Selain mobil damkar, pemadaman api juga dibantu dua unit mobil milik PT Pertamina yang mengangkut cairan khusus. 

"Pertamina membawa cairan khusus untuk memadamkan api khusus minyak," ujarnya.

Baca juga: Satu Pekerja Asing Tewas dalam Kebakaran Pipa Pertamina

Di lain pihak, PT Pertamina memastikan telah menutup aliran bahan bakar minyak agar kebakaran bisa segera teratasi.

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menjelaskan, bahwa pipa yang terbakar merupakan jalur distribusi BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang.

"Aliran BBM di pipa tersebut sementara sudah dihentikan dan Pertamina fokus pada pemadaman dan berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat," ungkapnya.

Atas nama perusahaan, ia menyampaikan permintaan maaf kepada semua pihak terkait insiden kebakaran sehingga mengganggu arus lalu lintas. Meski demikian, ia memastikan peristiwa ini tidak akan mengganggu pasokan bahan bakar minyak (BBM).

"Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya aman," jelasnya.

Sementara itu, kepolisian menutup sementara akses Jalan Tol Purbaleunyi KM 129 karena dikhawatirkan membahayakan pengguna tol.

"Akses dari arah Baros menuju Bandung ditutup sejak pukul 14.00 WIB. Juga dari arah sebaliknya, arah Bandung menuju Jakarta dialirkan ke arteri," ungkap Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto

Untuk mengantisipasi terjadinya antrean panjang kendaraan, pihaknya memberlakukan buka tutup jalur serta menyiagakan personel di jalan arteri.

"Personel disiagakan baik dari Polrestabes Bandung dan Polres Cimahi, kita juga koordinasi dengan PJR Polda," jelasnya. (A-4)

BERITA TERKAIT