22 October 2019, 13:30 WIB

Jadi Menteri Lagi, Siti Nurbaya akan Utamakan Pencegahan Karhutla


Desi Angriani | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Siti Nurbaya

SITI Nurbaya bakal mengutamakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di periode kedua. Siti diamanahkan kembali menduduki posisi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Arahan bapak Presiden ditugaskan pertama lakukan pencegahan," ucapnya di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10).

Menurutnya, konsep darurat tidak lagi relevan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan lantaran harus mencapai kesepakatan terkait operasional siaga darurat. Pencegahan lain melalui patroli secara reguler dan berkesinambungan.

"Jangan pakai konsep darurat karena kalau konsep darurat, kebakaran dulu baru diurus," terangnya.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Siti Nurbaya Diminta lagi Sebagai Menteri LHK

Selain itu, kader NasDem itu akan fokus memperbaiki iklim investasi yang berkaitan dengan prosedur perizinan di kementeriannya. Termasuk merampungkan konsep omnibus law yang mencakup permodalan, lokasi dan lahan serta lingkungan hidup.

"Prosedur perizinan termasuk yang sudah dirintis Pak Seskab dan Menko Perekonomian yaitu berkaitan dengan kemudahan dan omnibus law," pungkasnya.

Siti tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10) siang.

Politikus NasDem tersebut menyusul Sri Mulyani, Syahrul Yasin Limpo, Agus Gumiwang, dan Juliari P Batubara yang telah tiba terlebih dahulu hadir di sesi kedua pengenalan calon menteri Kabinet 2019-2024. (OL-2)

BERITA TERKAIT