22 October 2019, 10:43 WIB

Situasi Kondusif, IHSG Dibuka Menguat


Faustinus Nua | Ekonomi

ANTARA/Nova Wahyudi
 ANTARA/Nova Wahyudi
Sejumlah karyawan mengamati layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada pembukaan saham hari ini, Selasa (22/10).

Pada pembukaan pukul 09.00 WIB, IHSG melanjutkan penguatan dengan naik tipis 13,22 poin atau 0,21% ke level 6.212,17 dibandingkan penutupan sehari sebelumnya di 6.204,41.

Sementara itu, indeks saham LQ45 juga menguat 0,23% ke posisi 977,98. Seluruh indeks saham acuan bergerak di zona hijau.

Pada awal pembukaan perdagangan, IHSG level tertinggi berada di 6.214,44 dan terendah di 6.207,45. Volume transaksi sekitar 62,21 juta lembar saham dengan nilai sekitar Rp 2,2 triliun.

Analis Bina Artha Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai market mengapresiasi proses penetapan menteri.

Baca juga: Komitmen Pada Nasabah, Bhinneka Life Luncurkan Saver Pro

Sejumlah calon menteri yang telah dipanggil menghadap presiden di Istana Kepresidenan Jakarta sejak kemarin dan dilanjutkan hari ini menurutnya berjalan kondusif.

Adapun calon menteri yang dipanggil seperti Mahfud MD, Nadiem Makarim, Prabowo Subianto, Erick Tohir, dan sejumlah tokoh lainnya direspons positif oleh pasar jika berkaca pada pergerakan IHSG yang juga ditutup positif kemarin dan dibuka di zona hijau hari ini.

"Yang terpenting market mengapresiasi jalannya proses penetapan para menteri secara kondusif," katanya kepada Media Indonesia, di Jakarta (22/10).

Sementara terkait beberapa saham yang dimiliki calon menteri yang sudah dipanggil ke Istana, analis Woorisec Korindo Reza Priyambada mengungkapkan pasar masih wait and see. Meski kondisinya masih kondusif ia mengatakan pergerakan saham masih variatif.

"Pergerakan variatif dengan pelaku pasar masih wait and see nama-nama menteri yang akan masuk dalam kabinet. Selain itu, juga mencermati perkembangan kondisi global," katanya. (OL-2)

BERITA TERKAIT