21 October 2019, 09:24 WIB

Kemeja Putih Dibawa Ke Istana, Jokowi Akan Umumkan Menteri?


Damar Iradat | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Kemeja putih yang dikenakan sejumlah menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi periode I, akan dikenakan oleh para menteri pada kabinet baru

PRESIDEN Joko Widodo berencana mengumumkan menteri Kabinet Kerja Jilid II hari ini, Senin, 21 Oktober 2019. Kemarin, Jokowi mengaku sudah rampung menyusun kabinet pemerintahan untuk lima tahun ke depan. Senin pagi, menjelang pengumuman nama-nama menteri, sejumlah staf Istana Kepresidenan tampak sibuk membawa kemeja putih yang masih dibungkus plastik. Kemeja putih yang dibawa tersebut berlengan panjang, seperti kemeja yang biasa dipakai oleh Jokowi.

Disinyalir, kemeja tersebut disiapkan untuk para menteri yang akan diumumkan Jokowi.

"Buat menteri mungkin," kata salah satu staf yang enggan disebutkan namanya itu.

Pada lima tahun lalu, saat pelantikan, para menteri juga mengenakan kemeja putih. Mereka saat itu kompak memakai kemeja putih. Kemarin, Presiden terpilih Joko Widodo mengaku sudah merampungkan penyusunan kabinet baru. Dia berjanji akan mengumumkan susunan menterinya pada Senin, 21 Oktober 2019.

"(Penyusunan kabinet) sudah rampung, besok dikenalkan," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Jokowi masih enggan membocorkan nama-nama yang akan menjadi pembantunya. Ia meminta semua pihak untuk sabar menunggu pengumuman
kabinetnya.

"Besok dilihat," ucapnya.

baca juga: Kapolresta Tangerang Jadi Ajudan Ma'ruf Amin

Yang pasti, kata dia, ada beberapa menteri yang bertahan dan baru. Tapi, dia tak mau merinci nama-nama menteri yang bertahan di kabinet periode berikutnya.

"Masih banyak (menteri yang bertahan), yang baru juga banyak," kata dia. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT