20 October 2019, 21:50 WIB

Diplomat Dunia Sampaikan Ucapan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin


Melalusa Susthira K | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
PM Malaysia Mahathir Mohamad (kedua kiri) seusai menghadiri upacara pelantikan presiden dan wakil presiden di Jakarta, Minggu (20/10/2019). 

SEJUMLAH duta besar negara-negara di dunia pun turut memberikan ucapan selamat atas dilantiknya Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10).

Ucapan selamat pertama datang dari Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Igor Driesmans yang ikut menghadiri upacara pelantikan di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta.

"Menghadiri pelantikan Presiden Jokowi, momen penting bagi Indonesia, anggota pendiri dan penggerak ASEAN. Selamat," tulis Igor dalam Twitter @EUAmbASEAN yang disertai unggahan foto Jokowi tengah dilantik, Minggu (201/10).

Ucapan selamat berikutnya datang dari Duta Besar Jerman untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, Peter Schoof. "Selamat kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Berharap semua yang terbaik untuk masa jabatan 2019-2024 dan hasil yang bagus untuk proyek-proyek Anda ke depan!," cicit Schoof dalam akun Twitter @GermanAmbJaka.

Selanjutnya, Duta Besar Belanda untuk Indonesia dan Timor Leste Lambert Grijns juga mengucapkan selamat dan harapan baiknya atas pelantikan Jokowi. Kedutaan Belanda di Indonesia pun secara terpisah turut menyampaikan selamat dan berharap hubungan bilateral kedua negara dapat semakin erat ke depannya.

"Selamat Bapak Presiden Jokowi atas pelantikan Anda hari ini. Selamat sukses dalam menjalankan tugas selama 5 tahun ke depan!," ucap Grijns dalam akun Twitter @LambertGrijns sembari menyertakan unggahan foto ketika Jokowi tengah disumpah.

Akun Twitter Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, @NLinIndonesia juga menuliskan harapannya ke depan. "Kami berharap agar hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda semakin erat ke depannya." Cuitan itu disertai foto Presiden Jokowi bersama PM Belanda Mark Rutte saat Rutte berkunjung ke Jakarta beberapa waktu yang lalu. Keduanya tampak mengenakan batik dan berbincang.

Masih dari benua Eropa, ucapan selamat kali ini datang dari Duta Besar Norwegia untuk Indonesia dan Timur Leste, Vegard Kaale, yang juga menghadiri langsung upacara pelantikan di Gedung MPR/DPR RI. "Selamat kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas pelantikan hari ini!," tulis Vegard dalam akun Twitter @DubesNorwegia.

Ucapan selamat terakhir datang dari negara tetangga Indonesia. Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi sebanyak dua kali dalam akun Twitternya.

"Selamat kepada Presiden Jokowi atas pelantikan Anda yang kedua sebagai Presiden Republik Indonesia," cicit Gary dalam Twitter @DubesAustralia disertai unggahan beberapa foto.

"Merayakan Pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dengan Perdana Menteri Australia Scott Morisson (kunjungan ke Indonesia keduanya sejak menjabat sebagai perdana menteri) bersama istrinya, Jenny Morrison, serta Duta Besar Indonesia untuk Australia Kristiarto Legowo. Sekali lagi selamat untuk Presiden Jokowi!," tambahnya.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan menyampaikan ucapannya melalui cuitan di akun Twitter resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta @USEmbassyJakarta sesaat setelah pelantikan tersebut berakhir. "Dubes Donovan mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi. AS berharap dapat terus memperkuat kemitraan yang luar biasa dengan Republik Indonesia," demikian cuitan tersebut yang juga melampirkan foto resmi Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (X-15)

 

BERITA TERKAIT