20 October 2019, 16:00 WIB

Surya Paloh Mengaku tidak Tahu soal Komposisi Kabinet


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MI/ Mohamad Irfan
 MI/ Mohamad Irfan
Suya Paloh

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku belum mendapat informasi dari Presiden Joko Widodo mengenai berapa kader partainya yang akan duduk di Kabinet Kerja jilid 2. Padahal, Senin esok Jokowi sudah akan mengenalkan para menterinya kepada publik,


"Terus terang saja yang paling lucu ini NasDem, enggak dikasih tahu. Maka belum ada sampai hari ini. Acaranya (Presiden Jokowi) padet sekali ya," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

 

Baca juga: Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Akan Diumumkan Besok

 

Menurut dia, komunikasi antar partai pengusung Jokowi-Amin terus berlanjut. Ia menegaskan bahwa NasDem memiliki kader mumpuni dan berkualitas sebagai pembantu Presiden di kabinet.

"Belum ada bicara soal kursi kabinet, saya jujur pada kalian. Kalau pasukan di bawah tanya di kementerian mana, saya sebagai ketua umum enggak tahu. Saya pikir apapun yang diberikan presiden, portofolio apapun kita terima saja itu," terangnya.

Surya menjelaskan komunikasi Jokowi dengan partai di luar koalisi pendukungnya di Pilpres sangat baik. Catatannya, kata dia, roda pemerintahan harus seimbang dengan menjaga sistem checks and balances di parlemen.

Ia menegaskan penyeimbang sangat penting untuk menjaga pemerintah berlaku adil. demokrasi. "Saya pikir hampir semua (partai yang sempat berbeda pandangan di pilpres merapat) ya. Saya dengar, tapi belum pasti. Tapi ya beginilah, bagaimanapun kita harus menjaga sistem checks and balances. Kalau tidak ada lagi yang beroposisi, demokrasi berarti sudah selesai," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT